Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harum Satu Durian J-Queen Bisa Kalahkan Banyak Durian Lain di Dekatnya

Kompas.com - 26/01/2019, 13:41 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Durian J-Queen yang dipatok harga Rp 14 juta per buah di pusat perbelanjaan Plaza Asia, Kota Tasikmalaya, ternyata langka dan harumnya disebut-sebut bisa kalahkan durian lain di dekatnya.

Satu durian ini bisa menutup wangi banyak durian lain yang dipajang di lokasi yang sama, di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Tasikmalaya tersebut.

"Harumnya satu durian J-Queen bisa langsung mengalahkan ratusan durian lain," kata penemu sekaligus pemilik Durian J-Queen, Aka (32), asal Kawalu, Kota Tasikmalaya, Sabtu (26/1/2019). 

Baca juga: Heboh, di Kota Tasikmalaya Durian J-Queen Dijual Rp 14 Juta Per Buah

Sebetulnya, lanjut Aka, Durian J-Queen ini tak akan dijual oleh dirinya saat ada bazar durian di Plaza Asia Kota Tasikmalaya.

Dirinya membawa empat durian jenis ini untuk dipamerkan di acara bazar durian yang diklaim terbesar di Priangan Timur, Jawa Barat, itu.

Namun, saat terlihat banyak peminat terhadap durian jenis J-Queen, dirinya mencoba mengenalkan durian hasil penelitiannya tersebut dan mematok dengan harga Rp 14 juta.

Ternyata, dua Durian J-Queen yang pertama digelar laku dibeli oleh peminat durian dalam waktu yang sangat singkat.

"Sebetulnya kalau saya hargain Rp 100 juta juga bisa, karena hanya saya yang punya durian jenis ini. Durian J-Queen seperti harga burung yang sering menang kontes dan harganya menjadi sangat mahal," tambah dia.

Selama ini, Durian J-Queen ternyata sudah malang melintang di dunia kontes durian. Beberapa kali durian ini sudah memenangi beberapa kontes durian di Jawa Tengah.

Bahkan, durian ini pernah diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Thailand, dan negara lainnya.

"Kalau ke luar negeri, itu antara pertemanan sesama petani durian varietas unggul di luar negeri. Seperti Malaysia, Bangkok Thailand, yang penasaran dengan durian jenis J-Queen di Indonesia. Kalau ingin lebih lanjut informasi durian J-Queen bisa dilihat di Instagram saya @ka.durian," ungkap dia.

Baca juga: Kabupaten Lebak Punya 33 Varietas Durian, dari Durian Sjahrini sampai Kadu Jomblo

Aka mengaku, selama ini sering aktif di media sosial seperti Instagram untuk berkomunikasi dengan para petani durian di luar negeri.

Mereka penasaran dengan hasil perkawinan durian unggulan di Indonesia yang bisa unggul dalam berbagai rasa dan harum.

"Ada yang penasaran dengan Durian J-Queen di luar negeri, kita ekspor buahnya ke sana. Responsnya ternyata mereka mengakui di Indonesia duriannya unggul," sebut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com