Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Hilang, Tengkorak Milik Petapa Tulungagung Ditemukan di Gunung Budheg

Kompas.com - 25/01/2019, 21:41 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah tengkorak kepala manusia yang diduga milik seorang petapa bernama Suparianto (50), yang hilang setahun silam, akhirnya ditemukan.

Kepala tengkorak tersebut ditemukan oleh Agus Sutrisno yang sedang mencari rumput di lereng sisi utara Gunung Budheg di Desa Tanggung, Tulungagung, Kamis (24/1/2019).

Agus mengatakan, tengkorak kepala itu ditemukan di bawah pohon di antara semak belukar. Setelah ditelusuri, lokasi tersebut ternyata tepat di bawah lokasi penemuan jenazah Suparianto alias Bero, warga Desa Ngranti, Tulungagung, yang ditemukan warga setahun silam.

Baca Juga: Injak Tengkorak di Pemakaman Tua, Dua Pemuda Dijatuhi Sanksi Adat

Agus pun segera melapor ke Polsek Campurdarat dan juru kunci Gunung Budheg, Sumaji. Polisi menduga, tengkorak kepala tersebut adalah milik Bero yang pada 3 Januari 2018 lalu. 

“Waktu itu tubuhnya dievakuasi, tapi bagian kepalanya tidak ditemukan di lokasi,” ujar Kasubag Humas Polres Tulungagung, AKP Sumaji, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga: Warga Desa di Karimun Temukan Tengkorak Kepala Manusia

Seperti diketahui, pada tanggal 1 Desember 2017, Bero diantar istrinya untuk bertapa di Gunung Budheg.

Saat itu Bero dan istrinya mendaki menuju puncak gua tritis melalui jalur di lereng sisi barat yang biasa dilalui para pendaki.

Di puncak tempat Bero bertapa itu berbatasan dengan tebing curam yang mengarah ke sisi utara dengan kedalaman 200 meter dan sudut hampir 90 derajat.

Diduga kuat Bero terjatuh dan jenazahnya baru ditemukan warga pada satu bulan kemudian. Namun, saat itu polisi dan warga tak menemukan kepala Bero.

Baca Juga: Gali Tanah untuk Bikin Sumur, Seorang Warga Gorontalo Temukan Tengkorak Manusia

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul: Setahun Lebih, Tengkorak Pertapa yang Hilang di Gunung Budheg Tulungagung Ditemukan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com