Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artis VA Tak Penuhi Panggilan Pertama Polda Jatim sebagai Tersangka

Kompas.com - 25/01/2019, 17:59 WIB
Ghinan Salman,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Artis peran VA yang kini menjadi tersangka kasus prostitusi online dengan jerat UU ITE tidak memenuhi panggilan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur hari ini atau Jumat (25/1/2019).

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, VA tidak hadir karena diketahui kondisi kesehatannya kurang baik.

Penyidik Polda Jatim, kata Luki, sudah berkomunikasi dengan kuasa hukum VA, Milano, terkait kondisi kesehatan artis FTV tersebut.

"Alasannya masih sakit. Terkait dengan VA tadi sudah dua kali telepon menegaskan bahwa pengacaranya menyampaikan minta maaf. Untuk saudari VA tidak datang hari ini," kata dia.

Baca juga: Datangi Polda Jatim, Tante Artis VA Ingin Beri Dukungan

Luki menegaskan, Polda Jatim akan menjadwalkan pemanggilan kedua kepada VA pada Rabu (30/1/2019) mendatang.

"Dijadwalkan hari Rabu dan kami akan (lakukan) panggilan kedua ini terkait dengan VA," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, status tersangka VA sudah dibahas melalui gelar perkara dengan melibatkan pakar pidana, pakar bahasa, pakar transaksi elektronik, maupun ahli agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menaikkan status hukum artis peran VA sejak Rabu (16/1/2019), dari saksi menjadi tersangka dalam kasus prostitusi online.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera menyebut, mucikari ES memiliki banyak koleksi foto dan video artis VA, yang belakangan diketahui dikirim oleh artis VA sendiri.

Bukti-bukti itu didapat polisi dari pemeriksaan digital forensik alat komunikasi VA dan mucikari ES yang disita polisi.

Kompas TV Vanessa Angel kembali batal diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan prostitusi <em>online</em>. Sebelumnya pada Senin (21/1/2019) lalu Vanessa Angel juga tidak memenuhi panggilan polisi. Melalui kuasa hukumnya Vanessa Angel mengirim surat yang berisi alasan ketidakhadirannya pada jadwal pemeriksaan, Jumat (25/1/2019). Pemeriksaan Vanessa Angel rencananya diundur pada Rabu (30/1/2019) pekan depan. Pemeriksaan Vanessa Angel diperlukan polisi untuk mengembangkan penyelidikan terkait kasus dugaan prostitusi <em>online</em> yang melibatkan sejumlah selebritas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com