Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Warga Rusia Dievakuasi Tim SAR dari Gunung Agung

Kompas.com - 25/01/2019, 14:52 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Khairina

Tim Redaksi

 

DENPASAR, KOMPAS.com - Tim SAR Bali melakukan evakuasi terhadap Alexander, seorang warga negara Rusia yang dilaporkan hilang di Gunung Agung pada Jumat (25/1/2019), pukul 01.00 Wita.

Alexander dikabarkan mendaki Gunung Agung tapi belum kembali.

Kabar hilangnya Alexander bermula dari laporan petugas kepolisian di Polsek Rendang tentang kondisi membahayakan manusia, satu orang WNA belum kembali dari mendaki Gunung Agung.

Berdasarkan laporan tersebut, Alexander mendaki bersama ketiga temannya yaitu Alvis (27) warga negara Perancis, Sergey (30) warga negara Ukraina dan Jhon (32) warga negara Ukraina.

Baca juga: Mulai Kini Pendaki Dilarang Bawa Tisu Basah ke Merbabu

Mereka memulai pendakian dari jalur Pengubengan pada Kamis (24/1/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketiga teman Alexander bisa turun dengan selamat. Tapi Alexander sempat hilang dalam pendakian.

Berdasarkan laporan dari pihak kepolisian, tim SAR kemudian melakukan pencarian menemukan Alexander di ketinggian 2049 MDPL. Dia ditemukan Jumat, pukul 10.35 Wita dalam keadaan selamat.

"Sudah ditemukan dan sekarang dalam proses evakuasi," kata Plt Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra. 

Kompas TV Seorang pendaki asal Magelang hilang di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur sejak malam pergantian tahun. Upaya pencarian tim SAR gabungan terkendala cuaca ekstrem akibat hujan badai yang terjadi di Puncak Lawu. Dikabarkan hilang sejak malam pergantian tahun baru pada 31 Desember lalu, upaya pencarian terhadap Alvi Kurniawan, 20 tahun pendaki asal Magelang, Jawa Tengah di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur terus dilakukan tim SAR gabungan BPBD Magetan. Dua hari penyisiran melalui tiga jalur pendakian Candi Cetho, Cemoro Kandang serta Cemoro Sewu, tim masih belum bisa menemukan keberadaan korban yang terpisah dari rombongan. Angin kencang hujan badai dan terbatasnya jarak pandang di Puncak Lawu menjadi kendala utama tim SAR untuk mencari korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com