Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabloid Indonesia Barokah yang Dikirim via Pos Ditemukan Tersebar di 4 Kecamatan di Solo

Kompas.com - 25/01/2019, 14:02 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta menemukan tabloid Indonesia Barokah tersebar di empat kecamatan di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/1/2019). Tabloid itu umumnya dikirim ke masjid-masjid via Kantor Pos.

Divisi Sengketa Bawaslu Surakarta Arif Nuryanto mengungkapkan, empat kecamatan yang menjadi tujuan persebaran tabloid Indonesia Barokah itu antara lain, Kecamatan Laweyan, Kecamatan Serengan, Kecamatan Jebres, dan Kecamatan Pasar Kliwon.

"Total ada 44 eksemplar tabloid yang sementara kita amankan dari empat kecamatan. Semuanya kita temukan di masjid," ungkap Arif, saat dikonfirmasi, Jumat.

Baca juga: BPN Khawatir Tabloid Indonesia Barokah Pengaruhi Elektabilitas Prabowo-Sandiaga

Arif mengatakan, temuan tabloid yang diduga menyudutkan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 itu, kemungkinan masih akan terus bertambah.

Sebab, sejak ada informasi pengiriman tabloid pada Senin (21/1/2019), panwas di lima kecamatan di Solo terus bergerak untuk melakukan pengecekan di semua masjid.

"Data (jumlah) tabloid yang tersebar di Solo kemungkinan masih akan terus bertambah. Karena panwas kecamatan sampai saat ini masih bergerak," kata dia.

Jika temuan tabloid semuanya sudah terkumpul, lanjut Arif, akan dilakukan pengkajian oleh Bawaslu pusat. Hal itu untuk mengetahui isi atau konten berita yang terdapat di tabloid itu melanggar atau tidak.

"Pengkajian dilakukan di Bawaslu Pusat. Kita menunggu sesuai arahan pusat nanti hasilnya," ujar dia.

Baca juga: 6 Fakta Kasus Tabloid Indonesia Barokah, Dianggap Bukan Hoaks hingga Bagian Kampanye Hitam

Ketua Panwascam Serengan Julianto mengatakan, tabloid Indonesia Barokah tersebar di tujuh masjid di empat kelurahan. Masing-masing ditemukan di Masjid Al Falah, Masjid Jamsaren, Masjid Muslimin, Masjid Muttaqin, Masjid Darusslam, Masjid Baitul Hakim dan Masjid Al Mukarromah.

"Setiap masjid ada dua sampai tiga eksemplar tabloid yang kita amankan. Tabloid dikirim via Kantor Pos," kata dia.

Pihaknya menambahkan, telah melakukan koordinasi dengan Koramil dan Bawaslu Kota untuk melacak persebaran tabloid Indonesia Barokah di Kecamatan Serengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com