Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Buru 22 Napi Lapas Wamena yang Kabur

Kompas.com - 23/01/2019, 11:20 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TIMIKA, KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, masih ada 22 narapidana (napi) Lapas Klas IIB Wamena yang belum tertangkap, pascakabur pada Selasa (22/1/2019) sore.

Ke-22 napi tersebut diantaranya, Pator Meklok, Heri Marian, Rudy Itlay, Kinas Wenda, Piter Murib, Hermet Asso, Sadok, Roby Asso, Rustam Ode Bala (Anca), Badar, Abdula, Leo Magayang.

Selanjutnya, Noverius Uropnabin, Kalius K, Ondi SIBAK, Dani Kogoya, Mia Elopere, Markus Asso, Areki E, Yustinus Jigibalom, Menang Elopere, dan Mazmur Hisage.

Baca juga: Jebol Pagar dan Serang Petugas, 26 Narapidana Lapas Wamena Papua Kabur

Kamal mengatakan, saat ini, personel Polres Jayawijaya bersama petugas lapas masih terus melakukan pengejaran terhadap para narapidana yang melarikan diri.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mengetahui keberadaan para narapidana agar segera melapor ke pos polisi terdekat untuk dilakukan proses hukum.

"Bagi masyarakat yang mengetahui keberadaan para narapidana ini untuk segera lapor ke pos polisi terdekat," kata Kamal, Rabu (23/1/2019).

Sebelumnya, sebanyak 26 narapidana di Lapas Klas II B Wamena, Kabupaten Jayawijaya, melarikan diri dengan memanjat pagar, Selasa pukul 16.21 WIT.

Baca juga: Napi Kabur Lewat Dinding Lapas di Lhokseumawe

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda membenarkan adanya 26 narapidana di Lapas Klas II B Wamena melarikan diri. Sebanyak lima orang di antaranya dapat ditangkap kembali.

“Ada lima orang yang berhasil kami tangkap hingga saat ini. Kini, kami masih melakukan pengejaran terhadap 21 orang lainnya,” ungkap Ananda, saat dikonfirmasi Selasa malam.

Kompas TV Sebanyak 74 narapidana yang menghuni blok di LP Biaro, Sumatera Barat, yang terbakar dipindahkan ke tempat yang lebih aman.Api di lokasi kebakaran tersebut kini sudah dipadamkan dan tinggal menunggu proses pendinginan.<br /> <br /> Kapalas Kelas Ii A Biaro, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat memastikan tidak ada napi yang kabur dan menjadi korban dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Senin (21/1) sore. Seluruh narapidana di empat kamar yang terbakar di blok D selamat, karena mereka tengah berada di luar sel dan menjalani aktivitas rutin, seperti di dapur dan di area pertanian.<br /> <br /> Sementara itu, untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran, pihak kepolisian sudah memintai keterangan sedikitnya dari 20 orang narapidana yang berstatus sebagai saksi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com