Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pembangunan "Underpass" Exit Tol Pandaan-Malang, Arus Lalin Dialihkan

Kompas.com - 22/01/2019, 21:16 WIB
Andi Hartik,
Khairina

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Jajaran Polres Malang mengalihkan arus lalu lintas di persimpangan Karanglo, Kabupaten Malang, Selasa (22/1/2019).

Pengalihan arus lalu lintas itu akibat pembangunan underpass untuk exit Tol Pandaan - Malang.

Jalur Karanglo merupakan persimpangan menuju Kota Malang dan Kota Batu untuk kendaraan dari arah Surabaya. Persimpangan itu juga akan menjadi salah satu exit Tol Pandaan - Malang. Karenanya, PT Jasamarga Pandan Malang membangun underpass di lokasi tersebut.

"Mulai tadi malam kami alihkan," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik.

Dijelaskannya, pengalihan arus berlaku untuk kendaraan dari arah Surabaya menuju Kota Malang. Arus kendaraan itu dialihkan ke jalan frontage untuk menghindari pengerjaan proyek.

Sedangkan untuk kendaraan dari arah Kota Malang menuju Surabaya tetap melewati persimpangan itu. Begitu juga dengan kendaraan dari arah Surabaya menuju Kota Batu serta dari arah Kota Batu menuju Kota Malang.

Baca juga: Hujan, Talut Jalan Tol Batang-Semarang di Penjalin Kendal Longsor

Pengalihan arus itu akan berlangsung hingga April mendatang setelah proyek underpass exit Tol Pandaan-Malang itu selesai.

"Sampai bulan April kemungkinan," katanya.

Selain pengalihan arus lalu lintas, petugas kepolisian juga akan menerapkan sistem contraflow jika proyek sudah memasuki tahap pengeboran.

Untuk menghindari kemacetan di persimpangan itu, kendaraan dari arah Surabaya menuju Kota Batu diimbau untuk melalui jalur pintas, yakni belok kanan sebelum Pasar Singosari, menuju perkampungan dan keluar di Karangploso. Jalan itu hanya memungkinkan untuk kendaraan kecil.

Underpass di exit Karanglo itu akan dibangun sepanjang 343 meter. Terdiri dari bentang sisi utara sepanjang 152 meter, bentangan tengah sepanjang 38 meter, dan bentang sisi selatan sepanjang 153 meter.

Proyek itu diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 80 miliar dan ditargetkan selesai pada Maret mendatang.

Kompas TV Setelah menggratiskan ruas baru Tol Trans Jawa selama hampir 1 bulan per 21 Januari ruas baru tol Trans Jawa mulai bertarif. Sesuai kebijakan pemerintah tarif dasar ruas jalan tol baru adalah Rp 1000 per kilometer. Namun pemerintah dan badan usaha pengelola jalan tol akan memberikan diskon 15 persen selama 2 bulan kedepan. Pemberian diskon ini dilakukan untuk meningkatkan pengguna jalan tol jarak jauh. Diskon diberikan di kluster Palimanan-Semarang, Semarang-Surabaya dan Porong-Probolinggo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com