Mengaku Anggota Polda Jabar, Polisi Gadungan Tipu Korbannya hingga Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 22/01/2019, 18:06 WIB
Polisi tengah memperlihatkan foto pelaku yang mengaku-ngaku sebagai anggota polri, melalui media sosial pelaku yang diketahui berinisia SH ini menipu korbannya dengan menawarkan penuelesaian suatu perkara dan berhasil meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah, Selasa (22/1/2019). KOMPAS.com/AGIEPERMADIPolisi tengah memperlihatkan foto pelaku yang mengaku-ngaku sebagai anggota polri, melalui media sosial pelaku yang diketahui berinisia SH ini menipu korbannya dengan menawarkan penuelesaian suatu perkara dan berhasil meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah, Selasa (22/1/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar amankan polisi gadungan yang telah melakukan penipuan terhadap korbannya di media sosial.

Adapun pelaku diketahui berinisial SH (29), warga Babakan Jati, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa pelaku ini telah melakukan penipuan dengan mengatasnamakan kepolisian. Dua korbannya telah mengalami kerugian hingga puluhan juta akibat aksi yang dilakukan pelaku.

Pengungkapan penipuan SH ini berawal dari laporan korban yang telah ditipu tersangka pada tanggal 17 Januari 2019 lalu. Petugas kemudian melakukan patroli cyber oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus).

Baca juga: Napi Selingkuhan Brigpol DS di Lampung Ternyata Polisi Gadungan

Berdasarkan hasil penelusuran, petugas akhirnya berhasil mendapatkan sebuah akun istagram tersangka dengan nama sigit32Ind atau S.prasetya.

Dari hasil profiling media sosial instagram, tersangka diketahui mengaku sebagai anggota polisi yang berdinas di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar.

"Tersangka sendiri akhirnya berhasil ditangkap Minggu, 20 Januari 2019, kejadiannya 17 Januari 2019," kata Truno di kantor Ditreskrimsus Polda Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Modusnya, melalui media sosial tersangka menawarkan korbannya dengan menyelesaikan suatu perkara dengan meminta sejumlah uang kepada korban, dengan alasan untuk biaya operasional dan IT.

Baca juga: Tipu Belasan Korban, Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Diamankan

"Tersangka mengaku aparat kepolisian, dengan leluasa tipu dayanya, korban mempercayai tersangka anggota kepolisian. Dengan tipu daya itu korban meminta bantu kepengurusan tentang keluh kesahnya korban dan dimintai uang," katanya.

Dari dua korban yang berhasil ditipunya, SH berhasil meraup uang puluhan juta. "Ada dua korbannya, yakni D dan F, dari keduanya total uang yang diminta sebesar Rp 23 juta dan sudah ditransfer," kata Truno

Polisi menegaskan bahwa tersangka ini bukanlah anggota kepolisian, namun saat dilakukan penangkapan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti yakni berupa baju kepolisian yang dibelinya disuatu tempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X