Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 3 Pesawat Gagal Mendarat di Kota Makassar

Kompas.com - 22/01/2019, 09:18 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Akibat hujan deras yang disertai angin kencang melanda Kota Kota Makassar, 3 pesawat dari Kota Ambon menuju Kota Makassar gagal mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa (22/1/2019) pagi.

General Manager AirNav cabang Makassar, Novy Pantaryanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, dua pesawat yang gagal mendarat tersebut, yakni Lion Air dengan nomor penerbangan JT 791 rute Ambon-Makassar dijadwalkan pada pukul 08.57 Wita dan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 641 rute Ambon-Makassar dijadwalkan pada pukul 09.06 Wita. Lalu Pesawat Lion Air JT 781 dari Palu menuju Makassar.

“Pagi ini, sudah ada tiga pesawat yang gagal mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Dua pesawat dari Ambon menuju Makassar itu terpaksa mendarat di bandara alternatif Balikpapan dan satu penerbangan dari Kota Palu menuju Makassar,” kata Novy, Selasa.

Baca juga: Sejak Harga Tiket Pesawat Naik, 233 Kali Penerbangan Dibatalkan di Bandara Pekanbaru

Novy mengatakan, keputusan itu diambil oleh pilot pesawat karena cuaca buruk yang melanda Kota Makassar. Saat ini Kota Makassar tengah dilanda hujan deras yang disertai angin kencang. Selain itu, jarak pandang di Kota Makassar di bawah batas minimal 800 meter.

“Dengan kondisi seperti itu, pesawat tidak dimungkinkan bisa mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Hujan deras, angin kencang hingga jarak pandang di bawah batas minimal 800 meter,” katanya.

Baca juga: Kronologi Pesawat Asing Dipaksa Turun TNI AU di Batam dalam 20 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com