Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Korban Kapal Tenggelam di Sungai Kapuas Dievakuasi, 4 Masih Hilang

Kompas.com - 21/01/2019, 20:59 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Khairina

Tim Redaksi

KAPUAS HULU, KOMPAS.com - Upaya pencarian korban kapal motor penyeberangan yang tenggelam di Sungai Kapuas di Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu yang terjadi pada Sabtu (19/1/2019), sekitar pukul 20.00 WIB masih berlangsung.

Hingga Senin (21/1/2019) malam, petugas SAR gabungan kembali berhasil mengevakuasi 5 korban yang dinyatakan hilang sejak peristiwa tersebut terjadi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pontianak Hery Marantika mengatakan, total korban yang berhasil ditemukan pada pencarian hari kedua hingga saat ini berjumlah 8 orang. Korban yang ditemukan tersebut semuanya dalam keadaan meninggal dunia.

"Total korban yang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut hingga saat ini berjumlah 9 orang dan upaya pencarian terhadap 4 korban lainnya masih terus dilakukan," ujar Heri, Senin malam.

Baca juga: 3 Korban Kapal Tenggelam di Sungai Kapuas Ditemukan, 9 Masih Hilang

Heri menambahkan, kendala yang dihadapi petugas dalam proses pencarian diantaranya adalah kondisi arus air sungai yang deras. Para korban juga ditemukan cukup jauh dari lokasi kejadian.

Sebelumnya diberitakan, kapal motor yang dikemudikan Gunawan tersebut membawa 24 orang penumpang serta 9 unit kendaraan bermotor menyeberang dari PT Berlian Estate menuju penyebrangan dermaga PT SJRE (Apeng).

Kecelakaan tersebut berawal ketika kapal bertolak untuk menyeberang dari dermaga yang satu ke dermaga yang lainnya. Namun, sekitar 10 meter sebelum dermaga tujuan, kapal kemudian karam dan tenggelam.

Kompas TV Satpol Air Polres Karawang, Jawa Barat, Jumat (11/1) pagi, melakukan pencarian kapal pengangkut minyak sawit yang hilang kontak di Perairan Karawang. Pencarian dibantu oleh sejumlah nelayan. Pencarian kapal MT Namse Bangzhod dilakukan dengan penyisiran di jalur lintasan kapal, serta di sekitar kawasan pantai. Sementara, mengantisipasi dugaan kapal tenggelam, polisi telah menyiapkan sejumlah personel dengan kelengkapan alat selam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com