Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Aceh Imbau Warga Pesisir Waspadai Banjir Rob akibat Supermoon

Kompas.com - 21/01/2019, 17:14 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh mengimbau masyarakat yang berada di dataran rendah kawasan pesisir pantai di provinsi itu untuk mewaspadai potensi banjir rob ekses dari gerhana bulan penuh atau dikenal supermoon, Senin (21/1/2019) malam.

Prakirawan BMKG Aceh Kharendra Muiz, Senin (21/1/2019) menyebutkan secara umum tinggi gelombang laut tidak terlalu berpengaruh di seluruh pesisir Aceh.

“Supermoon tidak berpengaruh secara signifikan untuk daerah pesisir Aceh. Namun untuk daerah yang datarannya sangat rendah atau yang punya histori banjir rob itu harap waspada,” sebut Kharendra.

Baca juga: Ada "Supermoon", BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi 19-22 Januari

Dia menjelaskan, gelombang laut di Aceh diperkirakan hanya 0,2 sampai 1,2 meter. Sehingga secara umum relatif aman.

“Namun, khusus untuk daerah rendah, harap diwaspadai banjir rob (banjir yang disebabkan air laut yang pasang dan menggenangi daratan,’ terangnya.

Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat di dataran rendah tidak panik. Sehingga, sedini mungkin BMKG mengimbau agar waspada. “Semoga banjir rob pun tidak terlalu parah,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com