Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wawali Tasikmalaya: Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Bangun Tol Cigatas

Kompas.com - 21/01/2019, 15:57 WIB
Irwan Nugraha,
Khairina

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, menyebut pernyataan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memastikan pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dimulai tahun ini disambut sukacita oleh warga Tasikmalaya, Senin (21/1/2019).

Diresponnya kebutuhan sarana infrastruktur perhubungan transportasi di Tasikmalaya itu, seolah membuat warga setempat benar-benar mendapatkan hadiah besar dari pimpinan negara.

"Pak Presiden, Pak Jokowi, sekarang sudah mewujudkan mimpi warga Tasikmalaya akan membangun Tol Cigatas tahun ini. Bagaimana tidak, akses sekarang warga Tasik ke kota besar via jalur Gentong sudah sangat kronis kemacetan," jelas Yusuf, Senin (21/1/2019).

Ditambahkan Yusuf, dirinya pernah membahas pentingnya Tol Cigatas sebagai kebutuhan masyarakat yang mendesak dari berbagai aspek.

Alasan dan keinginan warga terhadap pembangunan tol itu, disampaikan langsung kepada Presiden saat rapat akbar bersama seluruh kepala daerah Indonesia di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

"Saat itu saya menyampaikan langsung ke Pak Presiden terkait mendesaknya kebutuhan pembangunan tol di Tasikmalaya. Alhamdulillah, hasil pastinya kita semua dengar kemarin saat Pak Presiden di Garut, bahwa Tol Cigatas akan dibangun tahun ini," tambah dia.

Baca juga: Fakta Kunjungan Jokowi di Garut, Cukur Rambut Massal hingga Tinjau Proyek KA Cibatu-Garut

Selama ini, lanjut Yusuf, masyarakat yang hendak ke Bandung dan Jakarta, selalu terkendala dengan kemacetan yang terjadi di wilayah Gentong dan sekitarnya.

Selain itu, jalan yang berkelok dengan tanjakan dan turunan curam, volume kendaraan bermuatan berlebih selalu menjadi hambatan saat mobil lainnya melintasinya.

"Jalan sempit, berkelok-kelok, turunan dan tanjakan tajam, kalau akhir pekan selalu macet. Apalagi, kalau masuk liburan Lebaran atau hari-hari besar bisa sampai 12 jam dari Bandung ke Tasikmalaya. Kalau sudah ada tol, satu jam bisa sampai," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya,  Jokowi menyampaikan akan segera dibangun tol Cileunyi, Garut, dan Tasik (Cigatas).

Pembangunan tol ini, menurut Jokowi, bisa menyelesaikan masalah kemacetan yang kerap terjadi di ketiga wilayah itu.

"Ini adalah hadiah untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya yang saya cintai. Jangan sampai ada suara masuk ke saya, ke pak gubernur, macet, macet, macet. Saya jamin tahun ini dimulai," kata Jokowi. 

Kompas TV Kritik soal debat pertama Pilpres 2019 terus mengalir KPU berencana mengevaluasi format debat pilpres kedua Senin (21/1/2019) besok. Perubahan soal pembagian kisi-kisi pertanyaan debat termasuk tata panggung dan durasi penyampaian visi misi akan dibahas bersama seluruh perwakilan pasangan calon dan media. Apakah tanpa kisi-kisi akan membuat capres tampil lebih orisinal? Kita bahas bersama Aria Bima, Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf; Miftah Nur Sabri, Jubir BPN Prabowo-Sandiaga serta Adi Prayitno, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com