Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Dukungan Wali Kota Nasrudin Azis untuk Jokowi-Ma'ruf, Kejutkan Partai Demokrat hingga Terancam Sanksi

Kompas.com - 21/01/2019, 12:53 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com — Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis membuat jajaran elit Partai Demokrat terkejut dengan deklarasinya mendukung pasangan Jokowi-Mar'ruf.

Kader Partai Demokrat tersebut menyatakan dukungannya secara terbuka di sebuah hotel di Jalan Tuparev, Cirebon, Sabtu (19/1/2019).

Dalam deklarasi tersebut, tampak hadir sejumlah petinggi partai di Kota Cirebon. Partai Demokrat segera melakukan penyelidikan internal untuk menentukan sikap terhadap Nasrudin itu. 

Berikut ini fakta lengkap di balik deklarasi Wali Kota Cirebon:

1. Alasan Nasrudin mendukung Jokowi-Ma'ruf

Pasangan capres cawapres nomor urut 02 saat tiba di Hotel Bidakara, tempat berlangsungnya debat capres dan cawapres, Kamis (17/1/2019)Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado Pasangan capres cawapres nomor urut 02 saat tiba di Hotel Bidakara, tempat berlangsungnya debat capres dan cawapres, Kamis (17/1/2019)

Dalam pidatonya saat deklarasi, Nasrudin mengatakan, Jokowi harus diberi kesempatan untuk melanjutkan kepemimpinannya.

"Karena kalau hanya satu periode pekerjaan yang sudah disusun dan diarahkan untuk kemajuan Indonesia bisa tersendat. Pak Jokowi harus diberi kesempatan melanjutkan pembangunan lima tahun ke depan,” kata Azis.

Selain itu, kepemimpinan Presiden Jokowi hingga saat ini juga menunjukkan keberpihakan kepada rakyat dan telah membuktikan keberhasilan pembangunan di segala bidang.

Dalam hal religius, Presiden Jokowi dinilai berhasil menebar kedamaian Islam rahmatan lil alamin, menjaga persatuan, dan merawat bingkai kebhinnekaan.

Baca Juga: Meski Kader Demokrat, Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis Dukung Jokowi–Ma'ruf

2. Tak manfaatkan fasilitas negara 

ILUSTRASI Pemilu. SERAMBI/M ANSHAR ILUSTRASI Pemilu.

Acara deklarasi Nasrudin Asiz dilakukan di salah satu hotel di Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019) siang.

Proses deklarasi yang berlangsung di lantai 9 hotel ini dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Jawa Barat Partai Nasdem Saan Mustofa.

Hadir juga di tengah deklarasi, Ketua DPC PDI-P Edi Suripno, Ketua DPC Nasdem Eti Herawati, Ketua DPD Golkar, Ketua DPC PKB, PPP, serta sejumlah ketua partai koalisi pengusung capres-cawapres nomor urut satu tingkat Kota Cirebon lainnya.

Sebelum memulai pidato di atas podium, Azis menegaskan, kehadiran dirinya dalam acara “Deklarasi Nasrudin Azis Untuk Jokowi–Maruf Amin” di luar hari kerja atau kedinasan sebagai Wali Kota Cirebon.

Baca Juga: Kasus Bupati Cirebon, KPK Periksa Satu Dirut Perusahaan

3. Siap menerima sanksi dari Partai Demokrat

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersama Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019).Abror Rizky/Fotografer SBY Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersama Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com