Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masukan Masyarakat Buat KPU Sepakat Tak Berikan Kisi-kisi di Debat Selanjutnya

Kompas.com - 20/01/2019, 20:52 WIB
Hamzah Arfah,
Khairina

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memastikan, bakal tidak lagi memberikan kisi-kisi dalam debat Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada agenda berikutnya.

Langkah KPU memastikan untuk meniadakan kisi-kisi pada agenda debat berikutnya, secara resmi baru akan dilaksanakan melalui mekanisme rapat pada Senin (21/1/2019).

Namun, secara internal, seluruh komisioner yang ada di KPU menyepakati bila kisi-kisi cukup diberikan pada agenda pertama, Kamis (17/1/2019) lalu.

“Sejak selesai debat pertama, kami sudah membahas, tapi KPU baru akan memutuskannya Senin besok dalam rapat. Tapi kita sudah membahas, dan kami pastikan tidak akan berikan kisi-kisi. Itu sudah kami bahas bersama semua komisioner,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, di sela kunjungannya ke Gresik melihat cetak perdana surat suara Pemilu 2019, Minggu (20/1/2019).

Baca juga: Selain Peniadaan Kisi-kisi, KPU Bakal Sesuaikan Pola Untuk Debat Kedua

Arief menegaskan, jika kesepakatan tersebut masih sebatas internal komisioner KPU dan belum melibatkan pihak luar. Termasuk, tim pemenangan dari masing-masing kubu capres dan cawapres yang ambil bagian dalam pemilu kali ini.

“Kami sudah rapat sendiri. Nah Senin besok, kami kan membuat jadwal evaluasi bersama tim kampanye, bersama televisi-televisi media yang menyiarkan, besok kami ambil putusan secara resminya. Tapi kalau diantara kami sih, kami sudah pastikan tidak akan memberikan kisi-kisi,” ucap dia.

Ia juga menjelaskan, serangkaian alasan yang disepakati oleh pihaknya dalam meniadakan kisi-kisi pada agenda debat selanjutnya. Salah satunya, masukan dari masyarakat usai melihat debat pertama dilaksanakan.

“Catatan, masukan masyarakat, saya pikir itu jadi masukan kami. Kemarin kan meskipun sudah diberikan kisi-kisinya, mereka (capres-cawapres) tidak mampu menjawab secara mendalam, publik menilai begitu,” kata dia.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum memutuskan debat kedua Pilpres 2019 tidak akan memberikan kisi-kisi materi pertanyaan debat kepada 2 pasangan calon. Keputusan diambil berdasar evaluasi debat pertama capres-cawapres. Setelah mendapat evaluasi dari banyak pihak termasuk masyarakat KPU menghapus kisi-kisi pertanyaan ke paslon sebelum debat. KPU berharap tanpa kisi-kisi debat kedua bisa mengeksplorasi performa masing masing kandidat. KPU tetap akan memilih panelis untuk memformulasikan pertanyaan debat bertema energy, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com