Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf, Gubernur Bengkulu Dipanggil Bawaslu

Kompas.com - 18/01/2019, 20:26 WIB
Firmansyah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Anggota Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Syaifullah menyebutkan, pihaknya telah memanggil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk dimintai klarifikasi terkait temuan dugaan penggunaan mobil dinas dalam deklarasi pemenangan Jokowi-Ma'aruf, Minggu (13/1/2019).

"Bawaslu hari ini memanggil untuk klarifikasi gubernur terkait dugaan temuan penggunaan mobil dinas. Hasilnya dia merasa tidak membawa mobil dinas," kata Halid Syaifullah, Jumat (18/1/2019).

Meski telah meminta klarifikasi, menurut Halid, Bawaslu akan terus mendalami temuan tersebut. Pendalaman dilakukan dengan cara meminta keterangan beberapa pihak terkait.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku ia tidak menggunakan mobil dinas saat deklarasi. Ia memastikan pada saat deklarasi pemenangan Jokowi-Ma'aruf, mobil dinas gubernur diparkir di garasi.

"Saya berterima kasih kepada Bawaslu sudah melakukan tugas pengawasan dengan baik. Atas laporan dugaan pelanggaran itu, saya pastikan saat deklarasi, mobil dinas gubernur ada di garasi," ujar Rohidin yang juga menjabat sebagai Ketua Golkar Bengkulu itu.

Baca juga: Gubernur Bengkulu dan 9 Bupati Deklarasi Pemenangan Jokowi-Maruf

Selain kepada gubernur Bengkulu, Bawaslu juga akan memanggil beberapa bupati yang juga ikut dalam deklarasi itu, di antaranya Bupati Kepahiang Hidayatullah dan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi. Mereka akan dipanggil terkait dugaan memakai mobil dinas.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama 9 bupati di daerah tersebut menggelar deklarasi pemenangan Joko Widodo-Maruf Amin di Persada Bung Karno, Minggu (13/1/2019).

Kepala daerah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin itu mewakili partainya masing-masing.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah merupakan Ketua Partai Golkar Provinsi Bengkulu, sedangkan Bupati Lebong Rosjonsyah adalah ketua DPD PDI-P Kabupaten Lebong. Lalu Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi menjabat ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Rejang Lebong.

Selanjutnya, Bupati Kepahiang Hidayatullah menjabat ketua Partai Nasdem Kabupaten Kepahiang. Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli adalah ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Mendagri Minta Gubernur Riau Tegur 10 Kepala Daerah yang Deklarasi Dukung Jokowi

Selain itu, Bupati Seluma Bundra Jaya sebagai kader PDI-P dan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menjabat ketua Partai Nasdem Bengkulu Selatan.

Sedangkan Bupati Kaur Gusril selaku Ketua Partai Golkar Kabupaten Kaur, Bupati Mukomuko Khoirul Huda sebagai ketua DPD Golkar Mukomuko, dan Bupati Bengkulu Utara Mian mejabat ketua PDI-P Bengkulu Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com