Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 17 Januari 2019, Penumpang KAI Bisa "Check-in" di Semua Stasiun "Online"

Kompas.com - 18/01/2019, 13:48 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Mulai 17 Januari 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan aturan baru check-in.

Penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket berupa blanko tiket putih, e-mail notifikasi, struk, dan e-ticket dapat melakukan check-in (mencetak boarding pass).

“Bisa check-in di counter di semua stasiun online yang melayani KA (kereta api) jarak jauh,” ujar Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, dalam rilisnya, Jumay (18/1/2019).

Joni mengatakan, check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta.

Baca juga: Foto 12 Anggota DPRD Kota Malang Naik Kereta Api dengan Borgol dan Rompi Oranye

Misal, penumpang KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) yang akan berangkat 2 Februari 2019. Penumpang dapat check-in di Stasiun Semarang Tawang selambat lambatnya 1 Februari 2019.

Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.

“Kan sebelumnya, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatan saja. Nah dengan ketentuan baru ini, penumpang bisa check-in di stasiun online mana saja,” tutur Joni.

Kebijakan ini, sambung Joni, diberlakukan untuk memberikan kemudahan kepada penumpang yang akan menggunakan kereta api.

Kompas TV Pasca terjadinya longsoran jalur kereta api Bogor-Sukabumi di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Petugas PT KAI langsung memperbaiki kerusakan rel dengan cara pemadatan bantalan rel di tebingan longsor. Longsor yang terjadi di jalur kereta api Bogor-Sukabumi Desa Cibalung, Kabupaten Bogor menyebabkan terputusnya rel kereta sepanjang 20 meter dengan tinggian tebing 7 meter. Hal ini membuat petugas PT KAI langsung memperbaiki kerusakan dengan cara pemadatan bantalan rel. Berdasarkan data dari pihak PT KAI total ada empat titik longsor yang terjadi disepanjang jalur Bogor-Sukabumi. Dari keseluruhan titik longsor yang ada seluruhnya sudah diperbaiki oleh petugas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com