Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dua Pekan Ditutup, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kini Dibuka

Kompas.com - 16/01/2019, 11:41 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur pendakian ke Gunung Merbabu kembali dibuka mulai hari ini, Rabu (16/1/2019). Hal tersebut disampaikan pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu melalui surat resmi bernomor SE 34/T.35/TU/EVLAP/2019.

Dalam surat bertanda tangan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Edy Sutiyarto, disebutkan bahwa dibukanya kembali jalur pendakian ini berlaku untuk seluruh jalur yang ada.

Pembukaan jalur pendakian ini dikarenakan pantauan kondisi cuaca yang mulai membaik.

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup mulai 30 Desember 2018. Penutupan itu disebutkan karena cuaca ekstrem seperti hujan badai disertai angin kencang, sehingga berbahaya bagi kegiatan pendakian.

Ditegaskan, sebelum melakukan kegiatan pendakian, calon pendaki harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibawa dan mematuhi SOP (standard operational procedure) pendakian yang ada.

Selain itu, kondisi jasmani dan rohani juga harus diperhatikan, untuk mengantisipasi apabila terjadi kondisi cuaca yang ekstrem saat melakukan kegiatan pendakian.

Berikut bunyi surat dibukanya kembali jalur pendakian ini:

Surat dibukanya kembali jalur pendakian Gunung MerbabuTaman Nasional Gunung Merbabu Surat dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Merbabu
SE. 34/T.35/TU/EVLAP/2019
TENTANG
PEMBUKAAN JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

1. Memperhatikan kondisi cuaca di jalur pendakian Gunung Merbabu saat ini dan berdasarkan pantauan cuaca dari situs BMKG maka semua jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu DIBUKA terhitung mulai Tanggal 16 Januari 2019.

2. Calon pendaki harus mempersiapkan peralatan yang dibawa, kondisi jasmani rohani harus fit dan mengantisipasi apabila kondisi cuaca yang ekstrem saat mendaki serta mematuhi segala peraturan yang berlaku termasuk SOP Pendakian di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu

3. Sehubungan dengan hal tersebut, kepada seluruh pegawai Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan semua mitra pengelola pendakian diminta untuk mensosialisasikan Surat Edaran ini, dan kepada seluruh pendaki agar dapat mematuhinya.

Sudah ada pendaki

Dihubungi secara terpisah, petugas basecamp via Selo, Eko Martoyo menyampaikan, hari pertama dibukanya jalur pendakian ke Gunung Merbabu, sudah ada rombongan yang melakukan pendakian.

"Sudah ada (yang mendaki), lima orang dari Jakarta," kata Toyo, sapaan akrabnya, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/1/2019).

Pengumuman dibukanya jalur pendakian ini juga diunggah oleh akun Instagram Pendaki Gunung Indonesia, @mountnesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com