Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pekan Hanyut dengan Rumpon, Pemuda Ini Ditemukan Selamat di Kaimana

Kompas.com - 15/01/2019, 19:00 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Riando Pawelin (22), warga asal Bitung, Sulawesi Utara yang sempat dikabarkan hilang akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Selasa (15/01/2019).

Riando ditemukan selamat oleh kapal tugboat yang melintas di antara Perairan Laut Banda – Kaimana (Papua Barat).

Riando sebelumnya dikabarkan hanyut bersama rumponnya dari perairan Bitung sampai ke perairan Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada 2 Januri 2019 lalu.

Atas kabar tersebut, Tim SAR Gabungan Unit Siaga SAR Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan dan Potensi SAR melakukan pencarian terhadap korban.

Baca juga: Rumpon Nelayan Hancur karena Trawl, Tangkapan Ikan Berkurang Drastis

Pencarian dilakukan selama tujuh hari tidak membuahkan hasil, hingga akhirnya pencarian ditutup pada 8 Januari 2019 sambil terus melakukan pemantauan.

“Akhirnya pada Selasa (15/01/18) pukul 16.20 WIT, Petugas Siaga Komunikasi SAR Tte menerima info dari Bpk. Philips (pemilik kapal) bahwa korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh Kapal Tugboat yang melintas di antara Perairan Laut Banda - Kaimana (diperkirakan 8 km sebelum Kaimana) pada Senin malam,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, M Arafah, Selasa (15/01/2019).

Korban kemudian dievakuasi menuju pelabuhan Kaimana, selanjutnya di fasilitasi oleh Syahbandar Kaimana dan TNI AL untuk dipulangkan ke Bitung, Sulawesi Utara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com