Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan di Jalan Strategis Nasional Flores Sudah Lama Ambruk

Kompas.com - 15/01/2019, 11:58 WIB
Nansianus Taris,
Khairina

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com-Jembatan Dagemege, di Jalan Strategis Nasional Flores jalur Pantai Utara tepatnya di Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka ambruk akibat banjir bandang, pada tahun 2018 lalu. Namun, hingga kini, belum ada perbaikan dari pemerintah.

Jembatan Dagemege itu menghubungkan transportasi 6 kabupaten dari Kota Maumere. Sejak jembatan itu putus, 6 kabupaten itu pun menjadi terisolasi.

Agar bisa dilintasi kendaraan, Pemda Sikka membangun jembatan darurat dari balok kayu. Jembatan darurat itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan mobil kecil.

Pantauan Kompas.com, Senin (14/1/2018) di lokasi, pengendara dari Kota Maumere dan juga sebaliknya harus antri panjang di jembatan darurat Dagemage itu. Secara bergiliran mereka melintas di jembatan darurat tersebut.

Baca juga: Libur Natal, Pantai Utara Jadi Pilihan Wisata Warga Maumere

Sementara para pejalan kaki langsung melintas di bawah kali di kala musim kering.

Oktavianus Ito, warga Kecamatan Magepanda mengatakan sudah satu tahun jembatan Dagemege itu ambruk, tetapi pemerintah tidak memperhatikan kondisinya.

Kata dia, jembatan itu menghubungkan jalur transportasi antara kabupaten di Pulau Flores.

"Ini kan Jalan Strategis Nasional di jalur pantai utara. Sejak jembatan ini ambruk, akses transportasi dari Kota Maumere menuju kabupaten lain jadi terhambat. Sekarang sudah minim kendaraan antar-kota yang lewat sini. Yang ada hanya dari kecamatan dalam Kabupaten Sikka saja," jelasnya.

Warga susah jual hasil kerja

Pascaambruknya Jembatan Dagemage, warga Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka mengaku sulit menjual hasil kerja ke Kota Maumere.

"Itu tadi, kami mau jual hasil kerja ke kota sangat susah. Karena tidak banyak kendaraan yang berani terobos jembatan darurat ini. Apalagi di musim hujan," ungkap Oktavianus Ito.

Kecamatan Magepanda sendiri, kata dia, adalah satu-satunya sumber pemasok beras, aneka sayur, cabe, bawang, dan aneka buah yang menjadi kebutuhan masyarakat kota Maumere.

Atas kondisi itu, Oktavianus pun berharap kepada pemerintah pusat melalui Pemprov NTT untuk segera memperhatikan kondisi Jembatan Dagemege.

Kompas TV Enam kru pesawat kargo Ethiopian jenis Boeing B777 diperiksa sejak Senin (14/1) sore oleh personel TNI AU. Mereka terdiri dari pilot dan kopilot serta empat awak kabin.<br /> <br /> Pihak TNI AU memeriksa kru pesawat kargo Ethiopian Air untuk mengetahui mengapa pesawat kargo dengan rute Addis Ababa tujuan Hongkong ini memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin dan koordinasi dengan otoritas setempat.<br /> <br /> Diketahui, pesawat sempat terlihat dua kali melintas di atas jembatan Barelang VI Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com