5 Berita Populer: Jet Tempur TNI AU Paksa Turun Ethiopian Airline dan "Black Box" JT610 Ditemukan

Kompas.com - 15/01/2019, 05:23 WIB
Sejumlah pesawat jet tempur TNI AU melakukan terbang lintas (flying pass) pada Upacara Peringatan ke-71 Hari TNI AU tahun 2017 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2017). Sejumlah warga memadati lokasi upacara untuk menyaksikan atraksi pesawat.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah pesawat jet tempur TNI AU melakukan terbang lintas (flying pass) pada Upacara Peringatan ke-71 Hari TNI AU tahun 2017 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2017). Sejumlah warga memadati lokasi upacara untuk menyaksikan atraksi pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com — Berikut lima berita populer Kompas.com, Selasa (15/1/2019).

1. Jet tempur TNI AU paksa Ethiopian Airlines turun 

Pesawat Ethiopian Airlines callsign ETH3728 yang melakukan penerbangan dari Addis Ababa menuju Hong Kong dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Senin (14/1/2019) pukul 09.33 WIB.

Belum diketahui secara pasti apa kesalahan pesawat cargo ini hingga dilakukan force down oleh dua pesawat tempur F-16 TNI AU.

Informasi yang dihimpun Kompas.com di lapangan menyebutkan, pesawat masuk melalui wilayah NKRI kosek 3, kemudian dilakukan pelimpahan sasaran ke kosek 1 dan dilaksanakan force down di Bandara Hang Nadim, Batam.

Baca selengkapnya dalam tautan ini.

2. Robby Tumewu meninggal

Robby Tumewu.KOMPAS/NINUK MARDIANA PAMBUDI Robby Tumewu.
Duka sedang menyelimuti dunia seni peran Indonesia. Salah satu aktornya, Robby Tumewu, meninggal dunia dalam usia 65 tahun pada Senin (14/1/2019).

Kabar duka itu disampaikan rekan mendiang Robby, presenter Becky Tumewu, melalui akun Instagram-nya, @becktum.

"Robby sakit sudah lama, sudah tidak usah diceritain lagi bagian sakitnya, dia telah pergi tadi dini hari, pukul 00.15, semua derita dan sakit penyakit sudah diangkat dari Robby," tulis Becky seperti dikutip Kompas.com, Senin pagi.

Artikel selengkapnya ada di sini.

3. "Black Box" Lion Air JT610 ditemukan

Penampakkan black box berisi CVR pesawat Lion Air JT 610 di KRI Spica, Senin (14/1/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Penampakkan black box berisi CVR pesawat Lion Air JT 610 di KRI Spica, Senin (14/1/2019).
Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan pada Kamis (1/11/2018) siang.

Kompas TV melaporkan, kotak hitam sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Selengkapnya bisa dibaca dalam tautan ini.

4. Pernyataan terkait pengunduran diri Prabowo

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso saat menghadiri acara #Bising (Bincang Asik dan Penting) oleh Gerakan Milenial Indonesia (GMI) di Kota Malang, Minggu (13/1/2019).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso saat menghadiri acara #Bising (Bincang Asik dan Penting) oleh Gerakan Milenial Indonesia (GMI) di Kota Malang, Minggu (13/1/2019).
Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hidayat Nur Wahid, tidak setuju dengan pernyataan bahwa Prabowo akan mundur jika terjadi kecurangan dalam pemilu. Menurut dia, itu hanya pendapat pribadi Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso.

"Saya berharap itu bukan keputusan resmi ya, masih pendapat pribadi, karena itu tidak pernah kita rapatkan," ujar Hidayat di Kompleks Parlemen, Senin (14/1/2019).

Baca selengkapnya artikel ini di link ini.

5. Proyek Jokowi setelah tol Trans-Jawa

Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa.Twitter: Joko Widodo, @jokowi Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa.
Calon presiden nomor urut 01 sekaligus petahana, Joko Widodo, mengungkapkan, target penyelesaian Tol Trans-Jawa, dari Merak hingga Banyuwangi, harus diundur menjadi tahun 2020. Proyek tersebut awalnya diperkirakan selesai tahun 2019.

"Trans-Jawa dari Merak di barat sampai Banyuwangi di timur, kita harapkan tembus di 2019," kata Jokowi saat tampil dalam program Visi Presiden di NET TV, Minggu (13/1/2019) malam.

Baca selengkapnya di sini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X