Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Pertamina Bor Tiga Sumur Minyak di Cepu

Kompas.com - 14/01/2019, 16:36 WIB
Aprillia Ika

Editor

SURABAYA, KOMPAS.com - Kinerja positif sepanjang 2018 mendorong Pertamina EP (PEP) Asset 4 untuk meningkatkan produksi pada tahun ini. Dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan 2019, produksi PEP Asset 4 diproyeksikan 17.712 BOPD untuk minyak dan 168,91 MMSCFD gas. 

PEP Asset 4 merupakan satu dari lima Asset milik PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero). 

Untuk meningkatkan produksi tahun ini, PEP Asset 4 mengandalkan produksi minyak dari Sukowati Field. Tahun ini Sukowati Field diproyeksi mampu memproduksi minyak 11.838 BOPD dan target produksi gas 12,30 MMSCFD.

Selain itu, PEP Asset 4 juga akan mengandalkan produksi dari pemboran tiga sumur produksi di Cepu Field dan satu sumur injeksi di Sukowati Field. 

Baca juga: Kerusuhan di Blok Cepu karena Ribuan Pekerja Sulit Keluar Makan Siang

Agus Amperianto, General Manager Pertamina EP Asset 4 mengatakan, hingga akhir 2018, realisasi produksi (SOT) minyak rata-rata sebesar 14.321 barrel oil per day (BOPD) dan gas 179,62 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

“Kontribusi terbesar produksi tahun lalu untuk minyak berasal dari Sukowati Field rata-rata 7.377 BOPD dan gas dari Donggi-Matindok Field rata-rata 98,65 MMSCFD,” ujar Agus di Surabaya, melalui rilis, Senin (14/1/2019).

Dia menambahkan, produksi Donggi-Matindok Field tahun ini ditargetkan memberi kontribusi terbesar, yaitu gas sebesar 87,07 MMSCFD dengan dan kondensat 629 BOPD. 

PEP Asset 4 juga menganggarkan belanja modal (capex) tahun ini sebesar 47,9 juta dollar AS lebih tinggi dibandingkan realisasi 2018 sebesar 44,9 juta dollar AS. Dana itu dialokasikan untuk biaya pemboran, workover, pembangunan fasilitas produksi, dan pemenuhan fasilitas, dan peralatan HSSE.

Baca juga: Anak Usaha Pertamina Tingkatkan Produksi Minyak Sumur Tua di Kalsel

Untuk biaya operasi (opex), dialokasikan 143,05 juta dollar AS, turun dibandingkan realisasi opex 2018 sebesar 144,41 juta dollar AS.

"Opex akan dialokasikan untuk biaya operasional rutin perawatan sumur yang off, handling crude/gas, perawatan peralatan, sertifikasi pekerja, sertifikasi peralatan, dan biaya upah pekerja,” ujarnya.

Sebagai informasi, PEP Asset 4 memiliki lima lapangan (field) yang tersebar di empat provinsi. Lima field tersebut adalah Cepu Field di Kabupaten Blora Jawa Tengah, Sukowati Field di Kabupaten Bojonegoro dan Poleng Field di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Donggi-Matindok Field di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, dan terakhir Papua Field di Kabupaen Sorong, Papua Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com