Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Cikeruh Meluap, Ratusan Rumah di Jatinangor Terendam Banjir

Kompas.com - 13/01/2019, 22:16 WIB
Aam Aminullah,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Dua dusun di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terendam banjir setinggi 80 sentimeter, Minggu (13/1/2019) malam.

Potensi SAR BPBD Kabupaten Sumedang Dedi Setiadi mengatakan, air luapan Sungai Cikeruh yang merupakan anak Sungai Citarum itu mulai merendam rumah warga sejak pukul 20.00 WIB. Sungai Cikeruh meluap setelah hujan lebat mengguyur kawasan Jatinangor Minggu sore.

"Ada dua kampung yang terendam, di RW 09 ada 3 RT, dan di RW ada 3 RT. Ketinggian air ada yang sampai mencapai 80 sentimeter," kata Dedi kepada Kompas.com, Minggu malam.

Dedi mengatakan, banjir merendam ratusan rumah di dua kampung itu. Hingga pukul 21.00 WIB, relawan BPBD Sumedang bersama Bhabinkamtibmas Polsek Jatinangor dan Babinsa Koramil Jatinangor masih berada di lokasi untuk membantu proses evakuasi barang-barang berharga milik warga.

"Warga juga kesulitan keluar masuk kendaraan karena ketinggian air tak memungkingkan untuk dilewati kendaraan," kata dia.

Baca juga: Drainase Tersumbat, Ratusan Rumah di Pangkal Pinang Terendam Banjir

Menurut Dedi, dua dusun di Desa Cikeruh itu kerap terendam banjir luapan Sungai Cikeruh jika hujan lebat mengguyur kawasan Jatinangor.

"Mudah-mudahan pemerintah dapat segera mencari solusi. Kasihan warga kalau tiap hujan banjir begini," kata Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com