Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gunungkidul Kembali Tangkap Ular Piton

Kompas.com - 13/01/2019, 21:21 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi


YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Ular berukuran besar kembali muncul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Setelah sebelumnya di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, piton dengan panjang 5 meter ditangkap di Dusun Gembuk, Desa Getas, Kecamatan Playen, saat akan menyerang ternak warga, Sabtu (12/1/2019) dini hari.

Kepala Desa Getas, Kecamatan Playen Pamuji mengatakan, piton ditangkap warga saat mendekati pemukiman. Beberapa warga yang mengetahui keberadaan ular langsung melakukan penangkapan dan disimpan di salah satu rumah warga bernama Sukro di Dusun Gembuk.

"Beberapa hari sebelum penangkapan ular itu, ada warga yang mempergoki seekor ular besar akan memangsa ayam. Lalu diusir, beberapa hari kemudian ditangkap ular itu," katanya saat dihubungi Minggu (13/1/2019).

Baca juga: Pascaserangan Ular Piton, Warga Temukan Seekor Lagi

Menurut dia, ular berukuran besar sudah sering bermunculan di daerahnya. Namun demikian, tidak semua berhasil ditangkap.

"Ditangkap di sungai kecil, yang biasa dilalui ular. DIsana memang banyak ular berukuran besar," ucapnya.

"Ular hasil tangkapan biasanya diletakkan di kandang, jika ada yang berniat membeli ya diserahkan. Karena warga disini tidak bisa memelihara ular,"ujarnya.

Disinggung mengenai tidak dikembalikan ke alam liar, Pamuji mengatakan, saat ini kawasan perbukitan ataupun ladang sudah digunakan warga untuk bercocok tanam. Jika dikembalikan, dikhawatirkan akan bersinggungan langsung dengan manusia.

"Biasanya dijual, kalau dikembalikan takut nanti menyerang manusia," katanya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Suseno Budi Sulistyanto mengatakan, munculnya ular piton kemungkinan karena minimnya makanan di habitat aslinya. Sehingga,  beberapa diantaranya muncul ke sekitar pemukiman warga dengan mengincar ternak.

"Untuk mencegah pemangsaan ular pada ternak, yang bisa dilakukan masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan kandangnnya. Jika perlu ditambah penerangan,"ucapnya.

Pihaknya belum bisa mengambil langkah terkait kemunculan ular tersebut. Nantinya, diperlukan koordinasi lintas sektoral.

Kompas TV Piton ditangkap saat hendak memangsa hewan peliharaan salah seorang warga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com