Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Baru: ITS Surabaya Jadi Kampus Riset dan Inovasi Kelas Dunia pada 2025

Kompas.com - 13/01/2019, 12:32 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Prof Mochamad Ashari terpilih menjadi Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode 2019-2024. Pada 2025 dia menarget ITS menjadi kampus riset dan inovasi kelas dunia.

Target tersebut kata Ashari, sesuai yang tercatat daoam rencana induk pengembangan yang disusun Majelis Wali Amanat (MWA) ITS.

"Pada 2025 itu, ITS ditargetkan menjadi World Class Research and Innovative University. Saya berkewajiban mencari cara agar target itu tercapai," katanya, Minggu (13/1/2019).

Untuk mencapai target tersebut kata mantan rektor Universitas Telkom ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, antara lain tentang alumni.

"Alumni harus dapat mengisi sumber daya di Indonesia, termasuk di industri, pimpinan di lembaga, di kementerian dan sebagainya," terang Ashari.

Baca juga: Mantan Rektor Universitas Telkom Pimpin ITS Surabaya

Kualitas mahasiswa juga akan diperhatikan, kurikulum akan disesuaikan dengan tantangan zaman yang millenial, dan sesuai dengan tantangan baru era revolusi Industri 4.0.

Dia juga ingin ITS memperkuat kajian di bidang pertambangan.

"ITS ingin punya sumberdaya yang kompeten di bidang pertambangan. Ada jurusan teknik geofisika dan teknik geomatika yang dapat memberikan sumbangsih teknologi dan inovasi di bidang ini," kata doktor jebolan Curtin University Australia ini.

Hal mendesak yang harus dikerjakan di ITS kata dia adalah memperbarui seluruh laboratorium yang ada, karena menurutnya sebagian besar laboratorium dibangun sekitar tahun 80-an.

"Laboratorium adalah ujung tombak kampus riset dan inovasi seperti ITS. Karena itu ini akan menjadi prioritas kami nantinya," jelas Ashari.

Baca juga: Dosen ITS Ini Siap Bantu Jokowi Tutup Semburan Lumpur Lapindo

Terakhir kata dia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ITS diminta memperbanyak Science Techno Park. "ITS ditarget memiliki 100 Science Techno Park. Lima tahun kedepan semoga bisa terwujud," ucapnya.

Prof Mochamad Ashari terpilih dalam musyawarah mufakat dalam rapat pleno Majelis Wali Amanat ITS, Jumat (11/1/2019) lalu.

Rapat pleno menutup serangkaian prosesi pemilihan rektor ITS yang digelar sejak November 2018 lalu. Saat itu ada 15 nama yang mendaftar sebagai calon rektor ITS, dari kalangan guru besar dan doktor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com