Mantan Rektor Universitas Telkom Pimpin ITS Surabaya - Kompas.com

Mantan Rektor Universitas Telkom Pimpin ITS Surabaya

Kompas.com - 13/01/2019, 09:56 WIB
Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, rektor baru ITS SurabayaDokumentasi ITS Surabaya Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, rektor baru ITS Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya memiliki rektor baru yang menjabat pada periode 2019-2024. Dia adalah Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Rektor di Universitas Telkom pada tahun  2013-2018.

Nama Mochamad Ashari disepakati dan diumumkan dalam rapat pleno Majelis Wali Amanat ITS, Jumat (11/1/2019) lalu.

Ketua Majelis Wali Amanat ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, dikonfirmasi, membenarkan jika Mochamad Ashari disepakati dalam rapat pleno Jumat lalu.

"Mochamad Ashari terpilih secara mufakat," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, Minggu (13/1/2019).


Baca juga: Dari 15 Nama, Tinggal 5 Nama Kandidat Rektor ITS Surabaya

Dia mengapresiasi cara pemilihan rektor ITS tersebut karena tanpa menggunakan metode voting. "Musyawarah untuk mufakat seharusnya memang harus dikedepankan. Jika deadlock, baru dilakukan voting. Musyawarah mufakat sesuai Pancasila sila keempat," jelasnya.

Nama Mochamad Ashari, kata dia, selalu berada di peringkat atas dari proses penjaringan lima nama bakal calon, hingga mengerucut menjadi tiga nama calon. "Ini artinya, majelis wali amanat menampung aspirasi semua pihak dalam pemilihan rektor ITS yang baru," jelasnya.

Di proses awal pemilihan rektor, tercatat ada 15 nama bakal calon yang mendaftar sebagai rektor untuk menggantikan Prof Joni Hermana, pada November 2018 lalu.

Ke-15 bakal calon rektor itu berasal dari 7 fakultas yang ada di ITS, yakni Fakultas Ilmu Alam, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data, Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian, Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Elektro, dan Fakultas Teknologi Kelautan. (K15-11)



Close Ads X