Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Suak Belimbing Aceh, Terdapat Spesies Orang Utan Tercerdas di Dunia

Kompas.com - 13/01/2019, 08:12 WIB
Raja Umar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH SELATAN, KOMPAS.com - Suak Belimbing merupakan sebuah wilayah seluas 550 hektar di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser Aceh. Suak Belimbing merupakan sebuah obyek wisata alam sekaligus pusat penelitian dan riset untuk orang utan yang terletak di Kecamatan Kluet Selatan, Aceh.  

Saat ini di Suak Belimbing terdapat 110 orang utan yang telah teridentifikasi bahkan telah diberikan nama. Hal itu dipaparkan oleh Subhan,  Manager Camp Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP), Sabtu (12/1/2019).  

Menurut dia, lokasi Suak Belimbing menjadi lokasi favorit penelitian mengenai orang utan di dunia karena setiap radius 1 kilometer akan terdapat tujuh ekor orang utan mulai dari jantan, betina, dan anaknya.

Sehingga, lokasi Suak Belimbing ini dikenal dengan lokasi dengan populasi orang utan terpadat di dunia. 

Baca juga: Orang Utan Spesies Baru Hidup di Hutan Tapanuli

"Di lokasi ini paling sering datang peneliti. Peneliti lokal misal dari Universitas Syiah Kuala, Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan Pante Kulu. Peneliti mancanegara banyak datang dari Jerman," kata Subhan. 

Para peneliti tersebut umumnya melakukan penelitian mulai dari perilaku, interaksi induk dan anak, serta interaksi antara orang utan jantan dengan betina, perkawinan, hingga aneka jenis pakan. 

Orang Utan paling cerdas

Kompas.com sempat berbincang dengan Ibrahim, peneliti serta ahli tumbuhan dan satwa dari Forum Konservasi Lingkungan (FKL). Menurut Ibrahim, orang utan yang berada di Suak Belimbing merupakan orang utan paling cerdas di dunia. 

Hal itu dituturkannya berdasarkan penelitian Carel van Schaik dari Wildlife Conservation International (WCI), dimana survei tersebut melibatkan dirinya sebagai asisten peneliti pada tahun 1993.

Baca juga: Hindari Kebakaran Hutan, Bayi Orang Utan Ini Menyelamatkan Diri ke Kebun Sawit

 

Dari hasil penelitian selama satu tahun yang dilakukan bersama tersebut, diketahui orang utan mampu menggunakan alat dari ranting kayu untuk makan buah cemengang dan mengambil madu. 

Penemuan penggunaan alat dari ranting kayu tersebut merupakan yang pertama di dunia, dan menjadikan orang utan dari Suak Belimbing menjadi orang utan paling cerdas di dunia saat ini. 

“Saya yang menemukan pertama orang utan makan pakai ranting kayu saat makan buah cemengang, karena buah itu kalau dipegang bikin gatal. Kemudian mereka mengambil madu di dalam lubang kayu menggunakan ranting kayu. Dimasukkan ke dalam (lubang kayu) saat dia makan," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com