Puting Beliung Terjang Lamongan, 23 Rumah Rusak

Kompas.com - 12/01/2019, 19:14 WIB
Beberapa pohon roboh akibat terjangan puting beliung yang terjadi di Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu (12/1/2019) siang. Dok. BPBD LamonganBeberapa pohon roboh akibat terjangan puting beliung yang terjadi di Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu (12/1/2019) siang.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Hujan lebat disertai angin beliung menerjang dua desa yang berada di Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu (12/1/2019) siang.

Akibatnya, 23 rumah di Desa Glagah dan Desa Margoanyar mengalami kerusakan.

"Kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB siang tadi, dengan hujan lebat disertai angin puting beliung membuat beberapa rumah warga rusak. Kebanyakan rusak di bagian atap," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Suprapto, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Dari 23 rumah warga yang mengalami kerusakan, sebanyak tujuh rumah berada di wilayah Desa Margoanyar.

Sedangkan 16 rumah yang rusak lainnya, masuk dalam wilayah Desa Glagah.

"Untuk korban jiwa, sejauh ini masih belum ada laporan alias nihil. Baru sebatas kerugian material saja," ujar Suprapto.

Selain menerjang rumah warga, angin puting beliung juga merusak beberapa perkantoran dan fasilitas milik negara yang berada di wilayah tersebut.

"Kantor Koramil (Glagah) mengalami kerusakan di bagian atap. Puskesmas Glagah, mengalami hal serupa di bagian ruang perawatan dan rawat jalan. Sementara antena reporter perhubungan di Gudang KUD Glagah juga roboh," kata dia.

"Ada juga pohon yang tumbang, dari tugu lonjong sampai KUD Glagah sekitar 17 batang, yang menyebabkan tiang listrik dan kabel telepon menjadi ikut rusak," lanjut Suprapto.

Saat ini, BPBD Lamongan terus melakukan koordinasi bersama pihak terkait serta dibantu warga melakukan evakuasi pohon tumbang yang sebagian masih menutupi akses jalan raya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X