Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Porak-porandakan 3 Desa dan 1 Kelurahan di Kabupaten Bandung

Kompas.com - 12/01/2019, 07:24 WIB
Agie Permadi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Angin puting beliung memporak-porandakan tiga desa dan satu kelurahan di Kabupaten Bandung pada Jumat (11/1/2019) sore.

Setelah data sementara sebelumnya menunjukkan sekitar 150 rumah rusak dan belasan orang terluka di tiga desa, jumlah korban dan kerusakan terus bertambah.

"Data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung dampak puting beliung tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya. Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Bandung Tersapu Angin Puting Beliung

Bencana puting beliung melanda Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 15.15 WIB. Puting beliung menyebabkan rumah penduduk rusak dan pohon tumbang.

"Daerah yang mengalami kerusakan antara lain Perum Rancaekek Kencana Blok 16 RT 16/RW 08 Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, dan beberapa perumahan lain. Atap rumah banyak yang diterbangkan oleh puting beliung," ujarnya.

Menurut dia, BPBD Kabupaten Bandung sampai saat ini masih melakukan pendataan. Pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Polda Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi. Tagana, BPBD dan relawan membantu pengungsi. Kondisi listrik masih padam.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih," tuturnya.

Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore, merusak puluhan rumah di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong. Tribun Jabar/Hakim Baihaqi Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore, merusak puluhan rumah di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong.
Berdasarkan data sementara yang didapatkan Polda Jabar, data korban dan rumah rusak berada di Desa Bojong Loa, Desa Jelegong, Desa Rancaekek Wetan, dan Kelurahan Kencana.

Kabid Humas Polda Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, polisi telah turun melakukan pendataan kerusakan dan korban serta membantu warga membersihkan puing serta melakukan penjagaan.

"Melaksanakan siaga 1 di lokasi kejadian guna meminalisasi terjadinya pencurian dengan berkoordinasi dengan dibantu oleh instansi terkait," kata Truno.

Warga terdampak musibah puting beliung di tampung di masjid dan tenda yang telah disediakan oleh Muspika Kecamatan Rancaekek dan intansi terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com