Akun Facebook Sekda Dibajak, Anggota DPRD hingga Kepala Desa Dimintai Uang Rp 3 Juta

Kompas.com - 11/01/2019, 20:40 WIB
Ilustrasi Facebook mobileFB Ilustrasi Facebook mobile

LAMONGAN, KOMPAS.com - Akun Facebook Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan, Yuhronur Efendi, dibajak oleh orang tak dikenal. Pelaku meminta sejumlah uang ke teman-temannya dengan besaran hingga Rp 3 juta.

Yuhronur mengaku baru sadar bahwa akun medsos miliknya diretas setelah banyak temannya yang berusaha mengonfirmasi tentang pesan yang dikirimkan dari akunnya.

"Account messenger (yang dibajak). Saya baru tahu kemarin, tiba-tiba ada banyak teman yang konfirmasi ke saya," ujar Yuhronur, Jumat (11/1/2019).

Dia lantas menjelaskan, beberapa teman, seperti kepala desa, anggota DPRD, hingga beberapa pejabat di lingkup Pemkab Lamongan, sempat dihubungi oleh pelaku melalui akun medsos miliknya.

"Satu orang yang sudah jadi korban yang menuruti permintaan itu dengan mentransfer uang. Sementara yang lain tidak sampai mentransfer uang karena langsung telepon saya untuk konfirmasi," ucap dia.

"Tahu itu, saya langsung cek akun messenger dan saya bilang minta maaf jika akun sudah dibajak orang," lanjutnya.

Sejumlah rekannya lalu bercerita tentang cara pelaku menghubungi melalui messenger.

"Modusnya sama, teman yang dihubungi itu mengatakan seolah rekening saya trouble. Kemudian minta tolong supaya mengirim ke rekening seseorang dengan besaran Rp 3 juta," kata dia.

Untuk mencegah jatuhnya korban selanjutnya, Yuhronur lantas mengumumkan pembajakan akun medsos miliknya oleh orang tak dikenal serta melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X