Setelah Kericuhan Antar-warga Binaan, Aktivitas Rutan Kelas I Surakarta Kembali Normal

Kompas.com - 11/01/2019, 20:27 WIB
Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Muhammad Ulin Nuha. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIKepala Rutan Kelas I Surakarta, Muhammad Ulin Nuha.


SOLO, KOMPAS.com - Aktivitas Rutan Kelas I Surakarta, Jawa Tengah, kembali normal pascainsiden kericuhan antar-sesama warga binaan, Jumat (11/1/2019).

Para warga binaan telah melakukan aktivitas seperti biasa, seperti olahraga dan yang beragama Islam membaca Al-Quran di masjid.

"Tadi pagi warga binaan sudah olahraga dilanjutkan dengan kegiatan khataman Al-Quran yang diselenggarakan serentak di rutan dan lapas seluruh Indonesia," kata Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Muhammad Ulin Nuha di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Baca juga: Kronologi Kericuhan di Rutan Surakarta


Ulin mengaku, warga binaan antusias mengikuti kegiatan khataman Al-Quran dan berlangsung khidmat. Sementara, untuk kegiatan kunjungan diliburkan sehari.

"Insya Allah besok kita buka lagi seperti biasa," ujar dia.

Ulin menuturkan, pascainsiden kericuhan Kamis (10/1/2019) kemarin tidak membuat warga binaan lain terganggu.

Hal itu didukung dengan program-program yang diberikan rutan kepada warga binaan.

Waka Polresta Surakarta AKBP Andy Rifai menambahkan, pihaknya terus menggiatkan kegiatan patroli guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pascainsiden kericuhan tersebut.

Baca juga: Fakta di Balik Kericuhan Rutan Surakarta, Dipicu Salah Paham hingga Evakuasi 12 Narapidana

"Baik secara stasioner maupun mobile. Kita lakukan patroli sambang rutan dan koordinasi dengan rutan," kata Andy.

Meski suasana di rutan sudah kondusif, lanjut Andy, Polresta Surakarta sampai saat ini masih melakukan pengamanan terhadap rutan. Pengamanan tersebut sebagai antisipasi agar kericuhan tidak kembali terulang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X