Ratusan Sarang Tawon Vespa Dimusnahkan setelah 7 Orang Tewas Disengat

Kompas.com - 11/01/2019, 16:24 WIB
Tawon Vespa affinisJudy Gallagher via Wikimedia Commons Tawon Vespa affinis

KLATEN, KOMPAS.com - Sengatan tawon jenis Vespa affinis, warga lokal menyebutnya sebagai tawon endhas, dilaporkan telah menyebabkan 7 warga di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meninggal dunia sepanjang 2017-2018.

Koordinator Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Nur Khodik mengatakan, ratusan sarang tawon Vespa affinis sudah dimusnahkan menyusul peristiwa yang meresahkan warga ini. Pada tahun 2017, ada sebanyak 217 sarang yang dimusnahkan. Selanjutnya, 207 sarang pada tahun 2018.

Pada awal tahun ini saja, lanjut dia, sudah 18 sarang tawon Vespa affinis dimusnahkan dan 22 sarang lainnya dalam antrean.

"Sarang tawon ini ada yang kami musnahkan dengan cara dibakar dan menggunakan zat. Kami sesuaikan medannya di mana sarang tawon itu berada," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (11/1/2019).

Baca juga: Berbahaya, Sengatan Tawon Vespa Sebabkan 7 Orang Meninggal di Klaten

Diameter sarang tawon Vespa affinis bisa mencapai sekitar 2 meter. Biasanya sarang tersebut terdapat di pohon, batu, lemari dan atap rumah.

Sengatan tawon Vespa affinis dilaporkan dapat menyebabkan kematian pada seseorang jika korban tidak segera ditangani dalam 1 x 24 jam setelah kejadian.

"Tawon ini sangat berbahaya. Sudah ada 7 warga yang meninggal karena sengatan tawon Vespa affinis. Dua warga pada tahun 2017 dan 5 orang warga tahun 2018," katanya.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X