Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak Warga Putus Sekolah, Disdik Luwu Utara Siapkan Ujian Paket

Kompas.com - 09/01/2019, 20:33 WIB
Amran Amir,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LUWU UTARA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, mencatat masih banyak warga yang tidak sekolah dan putus sekolah di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara, Jasrum mengatakan, saat ini ada 84 anak yang putus sekolah dan 1.192 anak yang tidak sekolah.

Baca juga: Kisah Bripka Ismail, Pistol Diganti Papan Tulis demi Mendidik Anak Putus Sekolah

"Saat ini, kami belum tahu keadaan mereka, tapi kami akan mencari tahu di mana mereka tinggal dan akan mempertanyakan alasan mereka putus sekolah. Untuk saat ini, bagi yang tidak mampu membeli seragam, boleh ke sekolah tanpa sepatu atau seragam,” kata Jasrum, Rabu (9/1/2019).

Jasrum mengatakan, anak-anak yang putus sekolah dan belum bersekolah tersebut melanjutkan pendidikannya melalui program pemberian ijazah paket A, B, dan C.

“Ijazah akan kita berikan setelah anak-anak yang putus sekolah tersebut melakukan bimbingan di sekolah-sekolah tertentu,” ujar dia.

Dia mengatakan, anak-anak atau warga penyandang disabilitaspun boleh bersekolah.

Baca juga: Dua Anak Putus Sekolah Mabuk Lem Diambil Alih Pemkot Surabaya

“Selain itu, bagi yang tidak mau bersekolah akan kami berikan keterampilan di desa seperti PKBM, yaitu sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan,” tutur dia.

PKBM sendiri masih di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) dan di Kabupaten Luwu Utara sendiri sudah ada sembilan PKBM yang resmi terdaftar di Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com