Kota Malang dan Kota Hebron Palestina Jalin Kerja Sama Bidang Wisata, Pendidikan, hingga Investasi

Kompas.com - 07/01/2019, 15:26 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji dan Wali Kota Hebron Palestina Tayseer Abu Sneineh menantangani kerjasama sister city di Balai Kota Malang, Senin (7/1/2019)KOMPAS.com/ANDI HARTIK Wali Kota Malang Sutiaji dan Wali Kota Hebron Palestina Tayseer Abu Sneineh menantangani kerjasama sister city di Balai Kota Malang, Senin (7/1/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kota Hebron, Palestina, menandatangani nota kesepahaman kerja sama sister city antar kedua kota di Balai Kota Malang, Senin (7/1/2019). Nota kesepahaman kerja sama itu meliputi berbagai sektor.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, salah satu sektor yang akan dikerjasamakan adalah sektor pendidikan. Nantinya, Pemerintah Kota Malang akan memberikan fasilitas bagi mahasiswa asal Hebron yang sedang melangsungkan studinya di Kota Malang.

Selain itu, kerja sama juga akan dilakukan untuk sektor pariwisata. Menurut dia, ada kemiripan antara Kota Malang dan Kota Hebron.


Baca juga: Via Vallen Cerita Pengalaman Kunjungi Palestina

Di antaranya adalah wisata heritage lantaran kedua kota merupakan kota tua di negaranya masing-masing.

"Ketika berbicara masalah heritage, tentunya harapannya kan banyak wisatawan-wisatawan kita justru yang datang ke sana dan nanti mungkin sebaliknya karena ada ketertarikan," kata dia.

Melalui kerja sama sister city itu, Pemerintah Kota Malang juga akan berinvestasi di kota yang ada di tepi barat Palestina itu. Yakni investasi di sektor pemadam kebakaran, pengelolaan sampah, dan rumah sakit.

"Nilai investasinya belum. Baru agreement, nota kesepahaman bahwa kita akan melakukan kerja sama. Detailnya nanti," ujar dia.

Wali Kota Hebron Tayseer Abu Sneineh mengatakan, Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kota Hebron memiliki kesamaan dalam meningkatkan pendidikan.

Baca juga: Pemkot Malang Kaji Penggunaan Angkot untuk Angkutan Sekolah

Tayseer bersyukur Pemerintah Kota Malang mau membantu rakyatnya dengan memberikan beasiswa.

"Karena Malang dan Hebron punya kesamaan. Mulai dari peningkatan pendidikan. Malang juga ingin membantu Palestina itu sendiri. Malang juga sudah memberikan beasiswa," kata dia.

Kota Malang dan Kota Hebron, lanjut dia, merupakan kota pendidikan di negaranya masing-masing.




Close Ads X