Hari Patriotik, Warga Gorontalo Diminta Kibarkan Merah Putih

Kompas.com - 04/01/2019, 12:44 WIB
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, yang juga koordinator pemenangan pasangan Jokowi-Maruf Indonesia Timur. Dok. HUMAS PROV GORONTALOGubernur Gorontalo, Rusli Habibie, yang juga koordinator pemenangan pasangan Jokowi-Maruf Indonesia Timur.

GORONTALO, KOMPAS.com -  Seluruh warga Provinsi Gorontalo diminta untuk mengibarkan bendera merah putih selama sepekan, mulai 20 hingga 26 Januari 2019.

Pengibaran bendera dilakukan untuk memperingati Hari Patriotik, 23 Januari 1942, saat Nani Wartabone bersama tokoh Gorontalo lainnya mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Pernyataan kemerdekaan Indonesia ini memberi nilai penting bagi pergerakan kemerdekaan di wilayah timur Indonesia. Beberapa daerah di kawasan Teluk Tomini bahkan tergerak untuk melakukan konsolidasi melawan penguasa asing.

Pemintaan ini disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyiapkan peringatan Hari Patriotik bersama jajarannya.

Bendera merah putih biasanya dipasang setiap peringatan 17 Agustus, sekarang saya inginkan di hari Juang Patriotik, 23 Januari seluruh masyarakat wajib mengibarkan bendera pada H-3 hingga H+3,” kata Rusli Habibie.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Larang Pesta Tahun Baru dengan Petasan dan Miras

Permintaan ini ditindaklanjuti dengan edaran kepada bupati dan wali kota se-Provinsi Gorontalo. Gubernur Rusli berharap edaran dan permintaan ini bisa diteruskan hingga ke kecamatan, desa serta RT/RW.

“Hari bersejarah ini harus selalu dikenang oleh seluruh warga Gorontalo di mana pun berada,” kata Rusli Habibie.

Peristiwa ini terjadi tiga tahun sebelum Soekarno-Hatta memprokalamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Jamin Semua Warga Miskin Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X