Kronologi Pembunuhan Nita Jong, Dibuang di Kebun Karet hingga Pengungkapannya

Kompas.com - 04/01/2019, 12:15 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Misteri penemuan mayat wanita di perkebunan karet, Kabupaten Subang akhirnya terungkap. Jenazah yang diketahui bernama Nita Jong alias Li Cen (56) ini merupakan korban pembunuhan suaminya yang berinisial TSO (58). 

Pembunuhan ini berawal pada Senin (31/12/2018), saat itu di kediaman mereka di Garden City Kalideres, Jakarta Barat, pelaku TSO tengah diomeli isterinya gara-gara banyak utang.

Tak tahan dengan omelan itu, pelaku yang kesal kemudian membungkam isterinya tersebut dengan mencekik leher korban hingga tewas.

"Pelaku melakukan pembunuhan dengan cara mencekik korban," kata Kapolres Subang AKBP M Joni, Jumat (4/1/2019). 


Baca juga: Mayat Perempuan di Kebun Karet Subang, Polisi Duga Korban Pembunuhan

Pelaku panik saat melihat isterinya tak bernafas. Bingung apa yang harus dilakukan, pelaku lantas membawa jasad Nita dan memasukannya kedalam kendaraan miliknya.

Untuk menenangkan dirinya sambil berpikir, TSO kemudian berkendara sambil membawa jenazah korban berkeliling ke tiga kota, yakni Surabaya, Bandung, Indramayu, selama tiga hari. Hingga akhirnya membuang jasad korban di sebuah perkebunan karet di Kabupaten Subang.

"Dari Indramayu pelaku lalu ke Subang. Keluar di pintu Tol Kalijati menuju arah Cipendeuy dan tepat di perkebunan karet PTPN VIII, Pelaku membuang dan menutupi mayat korban," kata Joni.

Baca juga: Pembunuh Wanita yang Jasadnya Ditemukan di Kebun Karet Subang Ditangkap

Selama tiga hari perjalanan itu, menurut Joni, Pelaku tidur di kendaraan tersebut. Bahkan bau bangkai jasad isterinya sendiri masih menempel di kendaraan Toyota Avanza Veloz dengan nomor polisi B 1462 BYY yang dimilikinya. "Mobilnya saja sampai bau bangkai," kata Joni.

Namun TSO tak bisa lari lagi dari perbuatannya itu, kisah pelarian pelaku sendiri akhirnya terhenti ketika seorang warga yang mencium bau bangkai di kebun karet PTPN VIII Blok Jalupang Kampung Cikuda, Desa lengkong, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (2/1/2019) sekira pukul 09.30 WIB.

Warga menemukan jasad Nita Jong, yang saat itu belum diketahui identitasnya. Saat ditemukan terdapat luka melingkar dibagian leher korban.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X