Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung di Teluk Bone Utara Rusak Fasilitas Umum PPI Balambang

Kompas.com - 03/01/2019, 06:39 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.com – Fenomena angin puting beliung yang muncul di perairan Teluk Bone bagian utara, desa Raja, kecamatan Bua, kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, yang terjadi sekira pukul 07.35 WITA, Rabu (02/01/2019) pagi tadi, ternyata sempat merusak fasilitas umum di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Balambang.

Petugas Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Balambang, Karno yang juga adalah saksi mata, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa fenomena puting beliung tersebut terjadi cukup lama dan sempat merusak tiang lampu listrik untuk penerangan jalan masuk PPI.

"Durasinya cukup lama berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit, saat itu kami dalam rumah melihat puting beliung tersebut, kami tetap waspada dan menunggu berhenti. Puting beliung ini sempat bergeser menyeberangi jalan di PPI Balambang. Akibatnya, dua tiang listrik bengkok, beruntung tidak merusak bangunan lainnya," kata Karno, Rabu (02/01/2019).

Baca juga: Fenomena Puting Beliung Muncul di Teluk Bone Utara, Warga Waspada

Menurut Karno, saat terjadi fenomena tersebut, jarak dirinya dengan puting beliung hanya berkisar 200 meter, sehingga dia mengaku ketakutan dan tidak sempat memikirkan untuk mengambil gambar atau video.

Akibat terjadinya fenomena puting beliung ini membuat nelayan di desa Raja kecamatan Bua, enggan melaut.

“Untuk sementara kami tidak melaut, apalagi akhir-akhir ini gelombang tinggi masih terjadi di perairan teluk bone, dan kami harus menunggu masa tenang,” ujar Umar, nelayan setempat.

Puting beliung ini juga nampak dan direkam oleh petugas Bandara I La Galigo Bua. Video Fenomena puting beliung ini beredar luas di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com