Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Puting Beliung Muncul di Teluk Bone Utara, Warga Waspada

Kompas.com - 02/01/2019, 14:20 WIB
Amran Amir,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.comWarga Desa Raja dan Desa Pammesakang di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, digegerkan dengan fenomena munculnya angin puting beliung di perairan Teluk Bone bagian utara.

Sejumlah warga mendatangi dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Balambang Desa Raja untuk menyaksikan dan mengabadikan fenomena tersebut.

Munculnya fenomena puting beliung tersebut membuat warga khawatir dan waspada jika terjadi bencana puting beliung.

Baca juga: BMKG Prediksi Angin Kencang Sepekan, Mungkinkah Picu Puting Beliung?

Fitri, warga Desa Raja, mengatakan, dirinya melihat langsung angin puting beliung tersebut.

"Kondisi pagi tadi memang terjadi awan gelap seperti mau hujan, dan muncul beberapa kali angin puting beliung yang terlihat jauh dengan membentuk garis menjulang tinggi di atas laut,” kata dia, Rabu (02/01/2019).

"Kami resah dan takut, terlebih adanya informasi cuaca buruk dari BMKG dan terjadinya bencana di mana-mana. Jadi, saat ini kami tetap siaga," ucap Fitri.

Sementara itu, warga di Desa Pammesakang juga waspada dengan kejadian tersebut. Andi Hasjidil, warga di desa tersebut, mengatakan, fenomena alam ini dapat terlihat jelas.

Baca juga: Di Jateng, Bencana Puting Beliung Meningkat Pesat Selama 2018

"Puting beliung muncul sangat jelas terlihat, tetapi tidak sampai di daratan dan sampai saat ini belum ada informasi akibat atau dampak yang ditimbulkan terutama di laut,” ujar dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar dalam siaran persnya menuturkan, prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Belopa dan Palopo, dengan suhu udara 19-32°C, kelembapan udara 75–95 persen, dan angin terjadi dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 10-35 km per jam.

Kompas TV Fenomena puting beliung terjadi di sekitar Bandara Hang Nadim, Kepulauan Riau. Angin berkecepatan tinggi ini sempat membuat sebagian besar warga Batam panik. Sejumlah penerbangan di Bandara Hang Nadim dilaporkan terganggu akibat puting beliung ini. Puting beliung ini dilaporkan terjadi di kawasan Kabil, Batam. Belum ada informasi kerusakan maupun korban akibat puting beliung ini. Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim, Batam telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dan puting beliung di sejumlah tempat di Provinsi Batam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com