Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Tahun Baru di Gunung Bawakaraeng, 9 Pendaki Tersesat

Kompas.com - 02/01/2019, 06:11 WIB
Hendra Cipto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak sembilan orang pendaki dikabarkan tersesat di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat merayakan pergantian tahun 2019 atau malam tahun baru.

Hingga saat ini tim Basarnas Makassar sedang melakukan proses evakuasi. Dua orang diantaranya dikabarkan menderita hipotermia.

Humas Basarnas Makassar Hamsidar dalam keterangan singkatnya menyebutkan, sembilan orang pendaki tersebut hendak merayakan pergantian tahun di Gunung Bawakaraeng. Namun, mereka kemudian mengalami masalah dan tersesat.

“Informasi awal yang kami terima, dua orang kesasar di Gunung Bawakaraeng, dua orang lagi menderita hipotermia dan dua orang rekannya sedang menjaga di Pos 5. Sedangkan tiga orang pendaki lainnya berada di kaki gunung yang dikenal Lembanna,” ungkap Hamsidar, Selasa (1/1/2019) malam. 

Baca juga: Libur Panjang, Jumlah Pendaki Gunung Lawu Meningkat

Hamsidar menuturkan, tim Basarnas Makassar sementara dari Kota Makassar menuju Kabupaten Gowa untuk melakukan proses evakuasi terhadap sembilan orang pendaki tersebut.

Menurut dia, tim yang yang dikerahkan akan terpencar melakukan proses evakuasi terhadap sembilan orang pendaki itu.

"Mudah-mudahan, 9 pendaki tersebut selamat dan bisa segera di evakuasi. Kami belum mendapat informasi secara detilnya dan baru informasi awal yang kami terima yang kemudian langsung diterjunkan tim ke Gunung Bawakaraeng,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com