Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Tahun Baru, Wisatawan Serbu Cipanas Cileungsing di Sumedang

Kompas.com - 01/01/2019, 15:45 WIB
Aam Aminullah,
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Hari terakhir libur tahun baru 2019, objek wisata Cipanas Cileungsing di Desa Cileungsing, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang diserbu ribuan wisatawan, Selasa (1/1/2019).

Objek wisata yang berlokasi tepat di kaki Gunung Tampomas ini dikenal karena khasiat air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal hingga kelumpuhan organ tubuh/strok.

Baca juga: Kabar Gelombang Tinggi, Kunjungan ke Pantai Menurun

"Saya dari Indramayu rutin tiap bulan sekali ke sini antar Bapak yang sakit strok. Beberapa kali ke sini memang terasa khasiatnya. Kebetulan hari ini bertepatan dengan libur tahun baru, jadi kami ke sini sekalian liburan bareng keluarga," ujar Iim Septiani (39), warga asal Kabupaten Indramayu kepada Kompas.com di lokasi.

Ditemui di tempat yang sama, pengelola Cipanas Cileungsing H Nanang Nurasa mengatakan, sejak libur Natal, Cipanas Cileungsing sudah dipadati wisatawan.

"Puncaknya memang hari ini, membeludak di luar dugaan. Sampai siang tadi saja sudah lebih dari 5.000 pengunjung. Makanya untuk hari ini, di lokasi kami menggelar pentas hiburan Kuda Renggong untuk menghibur para wisatawan," ucapnya.

Nanang menuturkan, wisatawan yang datang berasal dari kabupaten tetangga seperti Majalengka, Indramayu, Subang, hingga Cirebon.

"Kebanyakan dari wilayah Indramayu dan Majalengka. Pengunjung membeludak sudah dari hari kemarin. Puncaknya hari ini," tuturnya.

Nanang mengakui, jika daya tarik objek wisata Cipanas Cileungsing ini memang karena khasiat air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari gatal-gatal hingga penyakit strok.

Baca juga: Pengunjung Monas saat Malam Tahun Baru Berkurang 50 Persen Lebih

"Hari-hari biasa juga ramai, tapi kebanyakan yang berobat. Tidak hanya sekadar berwisata. Yang berobat ke sini rata-rata yang strok, dibawa sama keluarganya ke sini untuk berendam, atau mandi air panas di pancuran (air mancur buatan)," ungkapnya.

Namun, lanjut Nanang, Cipanas Cileungsing juga layak dikunjungi wisatawan karena daya tarik lain. Selain airnya yang panas, panorama alamnya juga memikat.

"Udaranya juga sejuk karena berada di kaki Gunung Tampomas. Jadi cocok untuk menghabiskan waktu liburan bareng keluarga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com