Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Kendal Terjunkan 1200 Personel untuk Amankan Pergantian Tahun

Kompas.com - 31/12/2018, 20:36 WIB
Slamet Priyatin,
Khairina

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com- Polres Kendal, Jawa Tengah mengerahkan 1.200 personel untuk mengamankan perayaan pergantian tahun.

Personel dari unsur Polri, TNI, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, dan ormas itu akan ditempatkan di beberapa daerah.

Menurut Kapolres Kendal AKBP Hamka Mapaitta, ada 3 titik keramaian yang akan mendapat pengamanan khusus di acara pergantian tahun.

Tiga tempat itu yakni  Alun – alun Kendal, Singorojo, dan Pageruyung. Selain itu, pihaknya juga menempatkan petugas di beberapa titik rawan kemacetan.

“Kami ingin acara pergantian tahun di Kabupaten Kendal, bisa berjalan aman dan lancar,” kata Hamka, Senin (31/12/2018) sore.

Baca juga: Di Jombang, Ratusan Motor Modifikasi Disita Polisi Jelang Tahun Baru

Hamka menambahkan, pihaknya akan menindak tegas pembuat kerusuhan di malam pergantian tahun.

Sebelumnya, menurut Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edi Sutrisno, selain akan memberlakukan contra flow di jalan Pemuda, rekayasa lalu lintas lain disiapkan antara lain di Jalan Purin dan Jalan Tentara Pelajar.

Contra flow di Jalan Pemuda akan diberlakukan bila terjadi kemacetan dari arah barat,” kata Edi.

Bila masih tersendat, lanjutnya, mobil roda empat dibelokkan ke Jalan Purin dan dari arah Tugu PKK Patebon dialihkan ke Jalan Tentara Pelajar.

“Dari Jalan Tentara Pelajar pengendara diarahkan ke timur hingga pertigaan Ketapang,” ujarnya.

Edi menjelaskan, pihaknya akan menerjunkan 74 personel yang akan ditempatkan di sejumlah pertigaan dan perempatan untuk mengatur arus lalu lintas.

Edi memperkirakan, arus lalu lintas di malam pergantian tahun, tidak sepadat apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu karena beroperasinya jalan tol Semarang Batang yang masih gratis.

‘’Kami siapkan antisipasi kendaraan besar supaya masuk ke jalan tol,’’ tegas Edy.

Ia menambahkan, selain mengantisipasi arus lalu lintas, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kendal juga menyiapkan kantong parkir di sekitar alun-alun.

Sejumlah kantong parkir disiapkan bagi pengunjung antara lain di Stadion Madya, Jalan Laut, hingga di kawasan Kendal Permai dan halaman GOR Bahurekso.

Kompas TV Terdapat di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah obyek wisata dewi mangrove sari menghadirkan permainan air <em>speedboat</em> yang siap menguji adrenalin pengunjungnya. Untuk mengendarai <em>speedboat</em> pengunjung dikenakan biaya Rp 30 ribu. Selain <em>speedboat</em> sejumlah fasilitas lain yang juga disiapkan pihak pengelola dalam liburan tahun baru ini di antaranya menara pandang dan grup musik angklung. Hadirnya beragam fasilitas ini disambut antusias pengunjung. Selain beragam fasilitas ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam obyek wisata Dewi Mangrove Sari dengan menyusurinya selama 20 menit menggunakan sejumlah perahu yang sudah disiapkan pihak pengelola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com