Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Polisi Antisipasi Kemacetan di Bukit Bintang

Kompas.com - 31/12/2018, 12:49 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resort Gunungkidul, Yogyakarta, menyiapkan personil untuk mengurai kemacetan di perbatasan Gunungkidul-Bantul atau dikenal "bukit bintang" saat malam pergantian tahun. 

Sebab biasanya lokasi bukit bintang tersebut digunakan untuk menyaksikan pesta kembang api dari ketinggian.

"Nanti untuk mengantisipasi kepadatan di sana (sekitar bukit bintang) kita siapkan personil, karena biasanya disana banyak warga yang ingin menyaksikan kota Yogyakarta dari ketinggian," kata Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/12/2018)

"Personil akan mencegah terjadinya macet disana, agar bisa mengalir arus lalulintasnya," ucapnya. 

Baca juga: Banyak Bencana, Gubernur Babel Minta Warga Muhasabah saat Malam Tahun Baru

Lokasi yang berada di jalur utama Yogyakarta-Gunungkidul ini setiap menjelang malam pergantian tahun selalu dipadati masyarakat, selain itu juga kendaraan wisatawan yang akan menuju kawasan pantai.

"Personil ganjal ban juga disiapkan di sekitar tanjakan slumprit (sekitar bukit bintang)," ucapnya.

Untuk wisatawan yang akan menuju pantai, tidak bisa masuk melalui kota Wonosari karena sejak sore akan ditutup. Sebab, di Alun-alun Pemkab Gunungkidul akan diadakan malam pesta tahun baru oleh Pemkab Gunungkidul.

Rekayasa lalu lintas dari arah Yogyakarta-Wonosari arus lalu lintas dialihkan ke utara melalui simpang 3 Pendowo melewati jalan kesatrian. Sepanjang Jl. KH Agus Salim nantinya akan digunakan sebagai kantong parkir sampai didepan kantor Pegadaian.

Baca juga: Tak Ada Pesta Perayaan Malam Tahun Baru di Garut

Lalu jalur dari Wonosari menuju Yogyakarta mengarah barat akan dialihkan ke selatan menuju jalan Baron, melalui simpang tiga Besole.

Arah utara penutupan jalur yaitu simpang 4 RSUD Wonosari yang diarahkan Jl, Kesatrian baik dari arah barat maupun ke arah timur, JL Brigjen Katamso juga akan ditutup. Arah dari Selatan juga akan ditutup tepatnya Jl. Veteran ditutup sebelum asrama Perintis Polres Gunungkidul.

"Untuk jalur mengarah ke pantai kita siapkan juga personil. Jika nanti terjadi kepadatan akan dilakukan oneway (satu jalur). Tetapi kelihatannya landai," ucapnya. 

Kepala Seksi pengendalian dan operasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Bayu Aji mengungkapkan terus berkoordinasi dengan Satlantas Polres Gunungkidul, dan dimungkinkan ada rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Polisi Berlakukan Pagar Betis Flyover di Bandung

"Malam tahun baru ada dua konsentrasi yang menjadi perhatian. Pertama Alun-alun Wonosari dan perbatasan Gunungkidul yaitu Patuk,” ujar Bayu.

Pihaknya telah menyiapkan beberapa jalur alternatf beberapa diantaranya adalah Jalan Getas, Playen – Mangunan, kemudian Getas - Cinomati, dan Nglanggeran – Jembatan Sembada Handayani.

"Jalur tersebut hanya direkomendasikan untuk kendaraan kecil, sementara untuk truk, bus tidak direkomendasikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com