Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Buka Peluang Warga Jadi "Ajudan Pribadi"

Kompas.com - 30/12/2018, 13:59 WIB
Dendi Ramdhani,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka kesempatan masyarakat untuk mengikuti kegiatannya selama sepekan dalam program 'Ajudan Pribadi'.

Pria yang akrab disapa Emil itu sempat mengumumkan program itu lewat akun Instagram pribadinya.

"AJUDAN GUBERNUR, adalah program kepemimpinan dan wawasan pembangunan untuk milenial. Pemuda/pemudi yang terpilih akan menjadi ajudan saya selama 1 minggu. Nanti bergantian tiap minggu dengan peserta baru," tulis Emil.

Masih dalam unggahannya, warga yang terpilih bisa berinteraksi secara langsung selama sepekan dan melihat kegiatannya sebagai gubernur.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Ketidakkompakan Jadi Sebab Pemulihan Citarum Belum Berhasil

"Menempel dan berinteraksi dengan saya selama 1 minggu. Belajar melihat langsung bagaimana keputusan diambil, ikut rapat, ikut interaksi dengan masyarakat, menyiapkan komunikasi dll. _ SELEKSI dan persyaratan akan dilakukan pertengahan Januari 2019. Terbuka untuk semua milenial se Indonesia usia SMA-Mahasiswa S1," tulis dia.

Saat dikonfirmasi, Emil mengatakan program itu merupakan strategi untuk mengenalkan proses kepemimpinan kepada kaum milenial.

Baca juga: Lantik Bupati Bogor, Ridwan Kamil Tekankan Solusi Jalur Tambang di Parungpanjang

"Jadi saya melihat milenial ini harus naik kelas. Melihat bagaimana keputusan ini diambil, jadi jangan hanya ngomen bari enggak ngerti. Ya sudah saya bilang milenial harus belajar kepemimpinan. Lihat lebih dekat, langsung, pemimpin mengambil keputusan. Apakah gampang, susah, berdinamika, gimana caranya ya jadi ajudan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, program itu terbuka bagi masyarakat Indonesia yang berminat belajar proses kepemimpinan secara langsung.

Bagi warga di luar Bandung, Emil akan menyediakan tempat tinggal di Gedung Pakuan (rumah dinas).

"Pertengahan Januari diseleksi dari seluruh Indonesia silakan. Masalah kepemimpinan mah lintas wilayah. (Untuk honor) Sedang dibahas teknisnya, kalau dia tidak tinggal di Bandung nginepnya di Pakuan. Intinya itu program kepemimpinan yang konkret," jelasnya.

Kompas TV Bicara soal sosial media, sejumlah pejabat negara aktif terlibat di dalamnya, tak terkecuali Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil. Sapaan akrabnya, Kang Emil, pun begitu aktif di sosial media. Apa alasan Kang Emil aktif di sosial media dan seperti apa cerita di balik caption akun Instagram-nya yang 'aduhai'? Simak obrolan Jurnalis Digital KompasTV Dian Septina Ambarani denganGubernur Jawa BaratRidwan Kamil berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com