Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Telekomunikasi di Maluku Utara Kembali Normal

Kompas.com - 29/12/2018, 16:16 WIB
Khairina

Penulis

KOMPAS.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah berhasil memulihkan layanan telekomunikasi di wilayah Maluku Utara, Jumat (28/12/2018) malam .

Layanan telekomunikasi di daerah itu sempat terganggu sebagai dampak oleh putusnya kabel laut serat optik ruas Namlea – Sanana.

PT Telkom melakukan pengalihan trafik menggunakan route lain. 

Vice President Corporate Communication Telkom Arif mengatakan, saat ini layanan telekomunikasi di seluruh wilayah Maluku Utara telah kembali normal.

“Semalam (Jumat 28 Desember) sekitar pukul 21.00 WIB, Telkom telah berhasil menyelesaikan upaya perbaikan sehingga seluruh layanan telekomunikasi TelkomGroup, baik data maupun voice di wilayah Maluku Utara telah kembali normal. Setelah sehari sebelum wilayah Sanana dan Labuha telah pulih, kini menyusul wilayah Ternate serta Sofifi dan seluruh Halmahera telah kembali normal.” ujar Arif dalam release yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/12/2018).

Baca juga: Pasca-tsunami Selat Sunda, Telkom Sebut Semua Layanan Berfungsi

Sebelumnya, upaya pemulihan layanan secara bertahap telah dilakukan. Pada Kamis (27/12/2018), Telkom telah memulihkan layanan telekomunikasi di wilayah Sanana dan Labuha. 

Arif Prabowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pemulihan gangguan layanan TelkomGroup di wilayah Maluku Utara.

“Mewakili jajaran manajemen TelkomGroup, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya pemulihan layanan hingga selesai. Khususnya kepada para pelanggan setia TelkomGroup, kami sampaikan apresiasi atas kepercayaannya kepada kami. Kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh petugas dan teknisi selama proses recovery berlangsung. TelkomGroup akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan pelanggan di Indonesia,” ujar Arif.

Kompas TV Amblesnya tanah di jalan raya Gubeng, Surabaya tidak hanya memutus akses jalan dan listrik jaringan telepon dan internet milik PT Telkom juga rusak. Petugas Telkom langsung mendatangi lokasi tanah ambles di jalan raya Gubeng Surabaya, Rabu pagi petugas memeriksa jaringan telepon dan internet yang rusak akibat tergerus tanah ambles.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com