Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur ke Cianjur dan Bandung via Puncak, Ini Rute Alternatifnya

Kompas.com - 29/12/2018, 15:18 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Khairina

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hasby Ristama mengimbau, masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun ke Cianjur dan Bandung via Jalur Puncak, Bogor, untuk menggunakan jalur alternatif.

Imbauan tersebut disampaikan mengingat jalur Puncak diprediksi akan terus mengalami peningkatan volume kendaraan jelang pergantian tahun baru.

Hasby menyebut, masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat.

"Masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur dapat menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun tol Bocimi via Sukabumi," ujar Hasby, Sabtu (29/12/2018).

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Jalur Puncak Mulai Dipadati Kendaraan

Dirinya menambahkan, hingga pagi tadi, peningkatan volume kendaraan yang mengarah ke Puncak, Bogor, mengalami antrean sepanjang 2 kilometer di exit Tol Ciawi.

Selain itu, sambung Hasby, titik-titik kemacetan di kawasan Puncak juga terjadi di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

"Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena kawasan Puncak masih menjadi tempat favorit wisata bagi masyarakat," kata Hasby.

Ditutup 12 jam

Kepolisian bakal menutup jalur Puncak saat malam perayaan Tahun Baru 2018. Rencananya, penutupan tersebut akan dilakukan selama 12 jam.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Prahoro Tri Wahyono menuturkan, penutupan jalur Puncak tersebut untuk mengurangi beban volume yang terjadi di jalur tersebut.

"Pembatasannya mulai tanggal 31Desember 2018 itu mulai dari pukul 18.00 WIB sampai besok paginya (1 Desember 2018) pukul 06.00 WIB," jelas Prahoro.

Penutupan sendiri dimulai dari simpang Gadog sampai Puncak Pass untuk arah dari Jakarta, sedang dari arah Cianjur akan dilakukan di Jabar 9.

"Kanalisasi, mulai dari simpang Gadog, itu kami yang mengarah dari Jakarta menuju arah atas Puncak Pass. Sebaliknya dari arah Cianjur kami akan kanalisasi filter di Jabar 9 itu, ada pos PJR (botol kecap) ada putaran di situ. Kami filter," pungkasnya. 

Kompas TV Bagaimana Kementerian Perhubungan memastikan sarana dan prasarana transportasi dapat beroperasi normal pasca tsunami yang menghantam wilayah pesisir Selat Sunda pada 22 Desember lalu dan sejauh mana persiapan Kementerian Perhubungan menyiasati puncak mudik natal dan tahun baru? Kita bahas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com