Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serius Kembangkan Desa Wisata Tomok di Danau Toba, Pelindo I Raih Penghargaan

Kompas.com - 26/12/2018, 19:22 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Keseriusan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) mengembangkan Desa Wisata Tomok di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut.

Penghargaan atas perhatian dan dukungan Pelindo I terhadap pulau yang berada di tengah Danau Toba itu diberikan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut Ibnu S Hutomo kepada Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Ihsanuddin Usman pada Rabu (26/12/2018). 

"Penghargaan ini bentuk apresiasi atas partisipasi aktif Pelindo I yang turut bekerja sama mengembangkan kepariwisataan di Provinsi Sumatera Utara. Seperti kita ketahui, Danau Toba masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan pemerintah sejak 2016," kata Ibnu, Rabu (26/12/2018).

Baca juga: Upaya Cirebon Membangun Desa Wisata Gerabah ala Kasongan

Pembangunan desa wisata yang dilakukan Pelindo I diantaranya: menata lanskap area kursi batu dan penandan kawasan, penataan tribun penonton untuk pertunjukan Sigale-gale, pembangunan Sopo (bangunan khas Batak), pembangunan gazebo untuk pengrajin tenun, penataan lanskap area makam Raja Sidabutar, penataan lanskap dan panggung acara Manglahat Horbo serta pembangunan area parkir.

"Pelindo I juga melakukan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata di desa tersebut dengan memberikan pelatihan dan melakukan studi banding ke sejumlah obyek wisata di Yogyakarta," ungkapnya.

Menurut Ibnu, potensi pariwisata di Sumatera Utara masih banyak yang perlu dikembangkan, khususnya untuk wisata bahari dan maritim.

Oleh sebab itu, dia mengapresiasi proyek kreatif Pelindo I yang menginisiasi Focus Group Discussion (FGD) bertema North Sumatera Coastal Tourism yang tujuannya menggali potensi wisata Sumut dengan harapan utama mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Baca juga: Dicopot sebagai Komisaris Utama Jasa Marga, Refly Harun Tempati Komisaris Pelindo I

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I Ihsanuddin Usman menjelaskan bahwa pihaknya telah banyak melakukan transformasi dalam berbagai bidang, khususnya melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan di wilayah kerja mereka.

Targetnya memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut, misalnya dengan menata terminal penumpang yang modern setara bandara di beberapa pelabuhan di wilayah Sumut. 

Seperti di Terminal Penumpang Bandardeli Pelabuhan Belawan, Terminal Teluknibung Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, dan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga.

"Selain itu, kami juga melakukan digitalisasi pelabuhan untuk mendukung proses bisnis. Melalui peningkatan fasilitas kepelabuhanan, kami harap kenyamanan yang kami berikan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut,” kata Usman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com