Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, Waspadai Titik Rawan Longsor di Jalur Ini

Kompas.com - 26/12/2018, 19:20 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Libur tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah, menjadi momen bagi keluarga atau warga untuk berwisata. Daerah Jawa Barat menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi. 

Namun, pengendara sebaiknya berhati-hati sebab ada beberapa jalur yang dinilai sebagai jalur rawan longsor.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Prahoro Tri Wahyono, ada beberapa jalur rawan yang harus diantisipasi saat musim hujan ini.

Baca juga: Jalur Tengah Sumedang Rawan Longsor, Jalur Selatan Rawan Banjir 

"Musim hujan kerawanan di jalur arteri khususnya di Bopuncur (Bogor Puncak Cianjur) tadi. Terus lintas selatan seputar wilayah Garut, Tasikmalaya kota, Gentong dan seterusnya. Kalau jalan alternatif, berada di Cilawu Garut sama Kabupaten Tasikmalaya, itu rawan longsor," jelasnya di Bandung, Rabu (26/12/2018).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait di setiap jalur yang dinilai rawan itu.

"Koordinasi sudah dilakukan dengan instansi terkait dan kami survei alat berat untuk antisipasi dan di situ diberikan Pos Pam antisipasi. kalau terjadi longsor bisa terjadi antisipasinya," katanya.

Kompas TV Erupsi bawah laut menyebabkan sebagian dari kawah Gunung Anak Krakatau longsor dan memicu terjadinya tsunami di Banten dan Lampung. Kita ulas fenomena tsunami ini bersama Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com