Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, Polisi Bakal Tutup Jalur Puncak Selama 12 Jam

Kompas.com - 26/12/2018, 17:23 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi bakal menutup jalur Puncak saat Tahun Baru 2018. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban volume kendaraan yang ada di jalur Puncak.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Rabu (26/12/2018).

"Khusus malam Tahun Baru saja, 12 jam. Karena memang nanti akan terjadi stuck, lebih baik kami berikan fasilitas masyarakat yang sudah masuk silakan bergembira di sana tapi mengurangi crossing," kata Agung.

Direktur Lalu lintas Polda Jabar Kombes Prahoro Tri Wahyono menambahkan, penutupan jalur puncak tersebut untuk mengurangi beban volume yang terjadi di jalur tersebut.

"Pembatasannya mulai tanggal 31Desember 2018 itu mulai dari pukul 18.00 WIB sampai besok paginya (1 Desember 2018) pukul 06.00 wib," jelasnya.

Baca juga: Hoaks, Foto Longsor di Jalur Puncak Bogor

Meski ditutup, namun warga yang berada di pemukiman tersebut bisa lewat dan masuk ke jalur yang ditutup tersebut.

"Kendaraan yang berada di pemukiman itu tidak ada masalah. bisa kewat. Nanti kita filter," jelasnya.

Dikatakan, penutupan sendiri dimulai dari simpang Gadog sampai Puncak Pass untuk arah dari Jakarta, sedang dari arah Cianjur akan dilakukan di Jabar 9.

"Kanalisasi, mulai dari simpang Gadog, itu kami yang mengarah dari Jakarta menuju arah atas Puncak Pass. Sebaliknya dari arah Cianjur kami akan kanalisasi filter di Jabar 9 itu, ada pos PJR (botol kecap) ada putaran di situ. Kami filter," jelasnya.

Sedang kendaraan besar seperti bus, pihaknya telah mempersiapkan jalur khusus untuk dilalui kendaraan tersebut.

"Kalau kendaraan besar angkutan barang kan ada pembatasan dari kementerian. Untuk bus nanti diarahkan melalui Jonggol, cari langsung keluar di arah Canjur. Kalau sebaliknya, jika mereka dari arah barat, langsung Ciawi menuju ke Sukabumi, belok kiri ke Cianjur," jelasnya.

Kompas TV Kepadatan kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak sudah mulai terlihat selepas keluar pintu tol Ciawi menuju simpang Gadog ke arah Puncak. Antrean kendaraan mencapai lima kilometer dengan jumlah mobil mencapai puluhan ribu.<br /> <br /> Untuk mengatasi kemacetan, petugas satlantas polres Bogor telah memberlakukan sistem satu arah menuju puncak yang dilakukan secara situsional. Jelang malam pergantian tahun, wilayah ini ditutup selama 12 jam mulai pukul 6 sore hingga pukul 6 pagi, tanggal 1 Januari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com