Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

260 Personel Polres Lamongan Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019

Kompas.com - 24/12/2018, 23:59 WIB
Hamzah Arfah,
Krisiandi

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com – Polres Lamongan menerjunkan 260 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Dalam menjalankan pengamanan, polisi dibantu TNI.   

“Untuk anggota kepolisian yang kami terjunkan dalam rangka pengamanan, mencapai sekitar 260-an personel. Sementara anggota TNI kurang lebih sama, dengan Pak Dandim mengatakan 2/3 anggota atau sekitar 260-an anggota juga,” ujar Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/12/2018). 

Anggota kepolisian dan TNI, lanjut Feby, disebar untuk mengamankan 18 gereja di Lamongan, saat misa dan perayaan Natal. Polisi, sebelumnya juga sudah melakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah.

“Jauh-jauh hari kami juga sudah beberapa kali menjalin komunikasi dan silaturahim dengan para tokoh agama, untuk bisa menjaga wilayah supaya bisa tetap kondusif dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Baca juga: Pemuda Masjid di Ambon Bantu Jaga Ibadah Natal di Gereja

Selain tempat ibadah, kepolisian Lamongan juga bakal meningkatkan pengawasan di sejumlah titik, seperti tempat wisata maupun mengamankan arus lalu lintas. Diharapkan, peningkatan pengawasan dapat mencegah tindak kriminalitas.

“Salah satunya, di pos pelayanan di WBL (Wisata Bahari Lamongan) yang kemarin kejadian itu (penyerangan). Tapi kami juga sudah libatkan masyarakat, untuk juga berperan aktif dalam menjaga situasi yang ada di Lamongan, agar tetap kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,” ucap dia.

Feby juga percaya, masyarakat menjaga Lamongan tetap aman dan kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Itu, kata Feby, karena warga Lamongan sudah terbiasa hidup berdampingan meski berbeda kepercayaan.

Kompas TV Untuk mengurai kemacetan polisi memberlakukan sistem <em>contra flow</em> di ruas Tol Cikampek. Sistem <em>contra flow</em> diberlakukan pada satu lajur di ruas Tol Cikampek di kilometer 50 hingga kilometer 61 arah Cikampek. Sistem lawan arah atau <em>contra flow</em> sepanjang 10 kilometer dilakukan sejak siang. Tak hanya sistem lawan arah polisi juga melakukan buka tutup <em>rest area</em> km 57. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kepadatan jelang pintu masuk <em>rest area</em>. Kapasitas <em>rest area</em> km 57 ini mampu menampung 1.500 kendaraan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com