Pemuda Masjid di Ambon Bantu Jaga Ibadah Natal di Gereja

Kompas.com - 24/12/2018, 23:30 WIB
Sejumlah pemuda muslim ikut menjaga ibadah Natal di Gereja Silo di kawasan Tugu Trikora Ambon, Senin malam (24/12/2018) Kontributor Ambon, Rahmat Rahman PattySejumlah pemuda muslim ikut menjaga ibadah Natal di Gereja Silo di kawasan Tugu Trikora Ambon, Senin malam (24/12/2018)

AMBON,KOMPAS.com- Pengamanan ibadah malam Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon tidak hanya dilakukan oleh aparat TNI Polri namun juga oleh para pemuda Muslim dan remaja masjid, Senin (24/12/2018).

Para pemuda dan pengurus remaja masjid yang ikut mengamankan ibadah malam Natal ini terkonsentrasi di Gereja Silo tepatnya di kawasan Tugu Trikora, Gereja Maranatha, dan di Gereja Hok Im Tong di Jalan Anthony Reebok.

Para pemuda Muslim yang mengamankan jalannya ibadah Natal ini mengenakan baju koko dan kopiah di kepala. Selain mengamankan jalannya ibadah Natal mereka juga ikut membantu mengatur arus lalu lintas di depan gereja.


Ketua Remaja Masjid Kelurahan Waihaong, Iklhas Rumalesin mengatakan, pengamanan gereja saat berlangsungnya ibadah Natal sudah dilakukan pihaknya sejak tahun 2010 silam.

“Kalau kegiatan seperti ini sudah rutin kami lakukan sejak tahun 2010,” kata Ikhlas.

Baca juga: Misa Malam Natal, Umat Katolik Padati Gereja Katedral Ambon

Dia mengatakan, pihaknya ikut terlibat mengamankan gereja saat malam Natal untuk mewujudkan suasana aman dan damai bagi jemaah yang tengah beribadah.

Baginya, keterlibatan pemuda Muslim saat malam Natal merupakan wujud toleransi dan aktualisasi dari nilai-nilai persaudaraan sesama orang bersaudara di Maluku.

“Kami ingin menunjukan bahwa inilah keragaman dan toleransi di Maluku. Bahwa nilai-nilai persaudaraan di Maluku itu sangat kuat,”ujarnya.

Wakil Ketua Jemaat GPM Silo, Penatua Sipahelut mengaku pengamanan gereja di malam ibadah Natal telah menjadi tradisi tahunan di Kota Ambon.

Menurutnya, keterlibatan pemuda masjid dalam mengamankan gereja merupakan tradisi yang lahir dari nilai-nilai kearifan lokal pela dan gandong.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X