Pasca-tsunami Selat Sunda, Prabowo Ajak Masyarakat Lebih Waspada

Kompas.com - 23/12/2018, 20:14 WIB
Calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di gedung pusat MTA Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/12/2018). KOMPAS.com/LABIB ZAMANICalon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di gedung pusat MTA Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/12/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan turut berduka atas peristiwa tsunami yang melanda kawasan pesisir Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018) malam.

Peristiwa ini menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dan menjadi korban luka.

"Tentunya kita sangat kaget, sangat prihatin dengan terjadinya peristiwa itu (tsunami)," kata Prabowo di Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/12/2018).

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 16.00 WIB, tercatat sebanyak 222 orang meninggal dunia akibat diterjang tsunami di kawasan Selat Sunda.

Baca juga: 2019, Jokowi Ganti Peralatan Sistem Pendeteksi Tsunami yang Rusak

"Kita mengucapkan bela sungkawa kepada para korban musibah tsunami. Ada beberapa kenalan saya, anggota Gerindra di sana yang ikut menjadi korban," ujar Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Pasca peristiwa ini, Prabowo meminta kepada warga Banten terutama yang terkena dampak bencana untuk tetap waspada dan berhati-hati kemungkinan terjadinya tsunami susulan.

"Kita harus lebih waspada terhadap adanya (tsunami) susulan dan sebagainya," ungkap Prabowo.

Baca juga: Pasca-tsunami Banten, Astra Siapkan Langkah Siaga

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gelombang yang menerjang sejumlah wilayah di kawasan Selat Sunda merupakan tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono memaparkan ada dua peristiwa yang memicu gelombang tsunami di sekitar Selat Sunda.

Kedua peristiwa itu adalah, aktivitas erupsi anak Gunung Krakatau dan gelombang tinggi akibat faktor cuaca di perairan Selat Sunda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X